Share

Cara Tumbuhan Berkembang Biak dan Contohnya

Fatmawati, Okezone · Jum'at 07 Oktober 2022 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 624 2682833 cara-tumbuhan-berkembang-biak-dan-contohnya-uyazWKEWSm.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Sama seperti makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga berkembang biak untuk melanjutkan keberlangsungan spesiesnya.

Tumbuhan berkembang biak dengan dua cara berbeda, yaitu vegetatif dan generatif. Vegetatif merupakan cara berkembang biak tanpa perkawinan, disebut juga sebagai reproduksi aseksual. Sedangkan generatif adalah cara berkembang biak yang melibatkan perkawinan atau seksual.

Perkembang biakan dengan cara vegetatif juga dibagi menjadi dua, yakni vegetatif alami dan vegetatif buatan.

Berikut cara berkembang biak dengan vegetatif alami beserta contohnya.

1. Membelah diri: biasanya dilakukan oleh spesies tanaman sederhana, seperti ganggang hijau.

2. Tunas adventif: jenis tanaman yang menggunakan cara ini yakni cocor bebek, enceng gondok, dan lidah buaya.

3. Tunas biasa: tunas biasa ini biasanya dilakukan oleh spesies tanaman bambu, pisang, dan lain sebagainya.

4. Umbi batang: terjadi pada ubi jalar dan kentang.

5. Akar rimpang: tanaman yang biasanya menggunakan metode ini adalah jahe, lengkuas, kunyit, temulawak, dan sebagainya.

Sedangkan itu untuk vegetatif buatan biasanya berupa cangkok, setek, menyambung, merunduk, serta kultur jaringan. Vegetatif buatan ini biasanya dilakukan dengan sengaja oleh manusia sebagai modifikasi.

Untuk tumbuhan yang berkembang biak dengan cara generatif atau melalui perkawinan, biasanya akan ditandai dengan adanya pembuahan. Pembuahan sendiri merupakan proses peleburan yang melibatkan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang akhirnya akan menghasilkan zigot dan menjadi organisme baru.

Contohnya seperti konjugasi, isogami, anisogami dan penyerbukan.

Penyerbukan pada tumbuhan dapat dibantu oleh serangga. Sifat keturunan yang diperoleh dari pembiakan secara generatif dapat bervariasi dan juga gabungan dari kedua induknya.

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan hanya dapat terjadi pada makhluk hidup tingkat tinggi yaitu makhluk hidup seperti yang memiliki alat kelamin yang jelas sehingga bisa di tentukan mana jantan dan betinannya. Ada juga organisme yang memunyai dua alat kelamin pada satu tubuh sehingga dapat melakukan perkawinan sendiri. Makhluk hidup yang mempunyai 2 alat kelamin di sebut dengan istilah hemaprodit.

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan menghasilkan macam-macam tumbuhan seperti salak, vanili, durian, mangga, padi, kedelai, jagung, jambu biji, jambu air, jambu monyet, pepaya, kangkung, dan lain sebagainya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini