Share

Cara Kelelawar Berkembang Biak, Hanya Menghasilkan Satu Anak Tiap Tahun

Rifqa Nisyardhana, Okezone · Jum'at 07 Oktober 2022 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 624 2682717 cara-kelelawar-berkembang-biak-hanya-menghasilkan-satu-anak-tiap-tahun-WsC5nbo00D.jpg Kelelawar/Unsplash

JAKARTA - Kelelawar merupakan hewan mamalia satu-satunya yang bisa terbang. Spesies kelelawar berjumlah lebih dari 1.400 yang tersebar di seluruh dunia.

Hal ini membuat kelelawar mewakili sekitar 20% populasi mamalia. Umumnya, kelelawar dapat ditemukan di beberapa belahan dunia, kecuali gurun dan kutub.

Dalam berkembang biak, kelelawar menjadi salah satu hewan yang berproduksi lambat di dunia.

Dikarenakan kelelawar betina hanya menghasilkan satu keturunan dalam waktu satu tahun.

Namun, tidak menolak kemungkinan, beberapa spesies kelelawar juga dapat memiliki dua sampai empat bayi. Contohnya Kelelawar Hoary (Lasiurus cinereus) yang dapat memilki anak kembar.

Umumnya, kelelawar berkembang biak pada musim gugur atau musim dingin sebelum melakukan hibernasi.

Proses perkembangbiakan ini terjadi di malam hari.

Saat berkembang biak, sang betina akan menyimpan sperma sampai berovulasi. Kehamilan kelelawar akan memakan waktu 40 hari sampai 6 bulan.

Dikarenakan kelelawar merupakan hewan vivipar, maka ia tidak bertelur melainkan melahirkan anaknya.

Saat waktu melahirkan akan tiba, tepatnya pada musim semi ketika suhu mulai hangat, para koloni kelelawar betina akan berkumpul.

Mereka melahirkan bersama dalam suatu kelompok besar.

Posisi kelelawar betina saat melahirkan akan bergelantungan terbalik. Sayapnya menutup agar ketika bayi tersebut lahir akan langsung ditangkap dan ditempatkan dalam kantong induk agar aman.

Kemudian bayi tersebut diarahkan ke putingnya untuk menyusui.

Bayi kelelawar tersebut dikenal dengan sebutan anak anjing. Biasanya berat yang mereka miliki berkisar satu sampai dua gram.

Mata mereka akan menutup selama tiga sampai lima hari pertama setelah dilahirkan. Selain itu, anak anjing tidak berbulu dan memiliki sifat bergantungan kepada induknya.

Anak anjing akan menyusu hinga 30-40 hari. Ketika sayap mereka sudah cukup kuat untuk terbang, maka ia akan dilepas untuk mencari makan sendiri.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini