Share

Muhammadiyah Resmikan Kampus Virtual Universitas SiberMu

Widya Michella, MNC Media · Rabu 05 Oktober 2022 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 65 2681070 muhammadiyah-resmikan-kampus-virtual-universitas-sibermu-Cram4JPwKr.jpeg Peresmian kampus virtual Universitas SiberMu/Kemdikbud

YOGYAKARTA - Muhammadiyah telah meresmikan Kampus Virtual Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu) di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Rabu (5/10/2022).

Peluncuran tersebut menampilkan virtual reality kampus virtual USM yang megah dan lengkap.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan Universitas SiberMu menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyah (PTMA) bermodul tunggal Pembelajaran Jarak Jauh (PTS PJJ). Serta menjadi hari yang bersejarah dalam perjalanan Muhammadiyah menjelang Muktamar ke-48 Muhammadiyah-‘Aisyiyah.

"Dengan mengucap bismillah hirrahman ni rahmi, di hari yang bersejarah dan penting ini, saya atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan kampus virtual SiberMu Universitas Muhammadiyah,”kata Haedar dikutip dalam laman resmi Muhamadiyah, Rabu (05/10/2022).

Diketahui Universitas SiberMu resmi mendapatkan izin operasional dari Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Nomor 430/E/0/2021 terbit 29 September tahun 2021.

Sementara itu, Rektor Universitas SiberMu, Bambang Riyanta mengataka bahwa perkembangan Universitas SiberMu terbilang menggembirakan. Sebab meski baru setahun berdiri, tapi peminatnya sudah banyak. “Per hari ini pendaftar sudah lebih dari 1.200 dan itu tersebar di 34 provinsi.”tuturnya.

Termasuk pendaftar yang paling jauh misalnya dari Papua, dia menuturkan bahwa saat ini pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan yang berada di Yapen dan Bintuni, Papua. Menurutnya, sistem pembelajaran virtual bisa menjangkau jarak jauh dan lebih efisien, serta fleksibel.

“Jadi memang fleksibilitas dan pelayanan SiberMu bisa melintasi sekat-sekat dan keterbatasan yang selama ini, skat dan keterbatasan sudah tidak lagi bermakna,"kata dia.

Selain terus menyempurnakan Learning Management System (LMS) serta dukungan aplikasi untuk pengelolaan layanan administrasi akademik dan kemahasiswaan, SiberMu juga mengembangkan layanan pembelajaran berbasis teknologi immersive : virtual reality (VR), augmented reality (AR) dan mixed reality (XR).

Pemanfaatan teknologi immersive di SiberMu diawali dengan pembangunan kampus virtual. Kampus virtual SiberMu seluas hampir 5 hektar berada dalam sebuah masterplan berkonsep Qibla motherboard – representasi nilai KeIslaman dan Berkemajuan – terdiri dari Masjid, gedung kembar rektorat, beberapa gedung untuk Prodi-prodi, Fakultas, Perpustakaan dan Aula.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini