Share

Viral Guru SMA Kisahkan 'Belalang dalam Kotak' saat Upacara, Turut Menginspirasi Warganet

Fatmawati, Okezone · Sabtu 01 Oktober 2022 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 624 2678711 viral-guru-sma-kisahkan-belalang-dalam-kotak-saat-upacara-turut-menginspirasi-warganet-auy16r1dNL.JPG Ilustrasi/ Doc: tangkapan layar

JAKARTA - Sebuah video yang diunggah oleh akun tiktok @egarini1975 viral di media sosial. Dalam video itu terlihat seorang guru sedang memberikan amanat dalam upacara tentang “Belalang dan Kotak Hitam”.

“Saatku memulai amanat upacara pagi ini dengan cerita pendek inspiratif ttg ‘Belalang’ agar para siswa mau keluar dari ‘kotak hitam’ dan mencari lingkungan ‘circle’ yang lebih baik agar potensi diri mereka bisa lebih digali lagi. Tetap semangat anak2ku,” tulisnya dikutip, Sabtu (1/10/2022).

 BACA JUGA: Kapolri Pastikan Sidang Etik Brigjen Hendra Digelar Pekan Depan

Dalam video itu menceritakan kisah seekor belalang yang sudah lama berada di dalam suatu kotak. Hingga pada suatu hari, akhirnya belalang itu bisa keluar bebas dari kotak tersebut. Dengan penuh kegembiraan ia berlari, meloncat tinggi, dan terbang.

Di tengah perjalanan, belalang bertemu dengan belalang lainnya. Ia pun memperhatikan belalang yang ditemuinya ini ternyata bisa meloncat lebih tinggi dan lebih jauh. Merasa penasaran, ia lalu bertanya, “Kenapa kamu bisa loncat setinggi dan sejauh itu? Padahal kita enggak jauh beda. Ukuran kita, usia kita, sepertinya tidak jauh berbeda. Tapi kenapa kau bisa melompat lebih tinggi dan bisa melompat lebih jauh?” tanyanya.

 BACA JUGA: Hadiri Rakorsus DPW-DPD Perindo se-Jatim, Hary Tanoe: Kita Ingin Membangun Kesejahteraan Secepat-cepatnya

Belalang tersebut justru balik bertanya, “Selama ini kamu tinggal di mana? Kalau kamu tinggal di alam bebas seperti kami, kamu pasti bisa melakukan seperti apa yang kami lakukan. Karena belalang yang hidup di alam bebas bisa meloncat tinggi dan sangat jauh.”

Akhirnya, si belalang yang tadi berada di dalam kotak itu menyadari bahwa selama ini kotak itu sudah membatasi dia untuk bisa meloncat lebih tinggi dan lebih jauh.

Menurut guru tersebut, terdapat dua hal yang bisa diartikan dari kisah tersebut.

Pertama, terkait dengan Kotak. Jika dianalogikan, kotak tersebut merupakan pikiran-pikiran buruk, sedangkan belalang adalah diri kita sendiri. Bagaimana cara kotak membatasi pikiran dan keinginan kita sehingga membuat diri kita menilai diri sendiri tidak mampu.

Perkataan orang lain juga terkadang bisa menjadi pemicu dari hadirnya pikiran buruk tersebut. Contohnya, seperti “Udah, kamu enggak usah ikut ini, kamu enggak usah ikut itu. Kamu tuh enggak mampu.”

Perkataan negatif yang diucapkan oleh orang lain kepada kita ini, memicu diri kita menjadi sering mendengarkan omongan mereka ketimbang hati nurani kita sendiri.

Hal ini terlihat ada kehidupan kita sehari-hari. Kita dibatasi oleh kotak itu, hingga akhirnya kita ikut membatasi potensi diri. Menjadikan kita tak bisa melompat tinggi, tak bisa melompat jauh seperti orang lain.

“Padahal kita sama-sama makan nasi, usianya sama, ukuran badannya sama. Tapi kenapa dia (orang lain) bisa lebih hebat dari saya? Coba tanyakan pada diri sendiri,” ujar sang Guru.

“Saya tidak dibatasi oleh orang, tapi justru dibatasi oleh pikiran kita sendiri, dan lebih mendengarkan omongan orang lain,” lanjutnya.

Kedua, lingkungan bebas. Makna dari lingkungan bebas ini adalah sebagai murid perlu mencari circle atau lingkungan baru, teman-teman baru, yang memiliki idealisme yang sama, dan hobi yang sama. Karena kalau sudah punya chemistry yang sama, tentunya akan mudah untuk berkolaborasi untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Potensi kalian pun akan tergali dengan baik.

Amanat yang disampaikan dengan judul “Belalang dan Kotak Hitam” menuai komentar positif netizen, seperti:

 BACA JUGA:Gempa di Tapanuli Utara Sebabkan Bangunan dan Jalan Rusak hingga Kios Terbakar

“Luar biasa me-inspirasi kita,” tulis akun Siti**eha ikhla**ur.

“Motivasi yg baik Bu,” tulis akun Fi** Farch**ah.

“Maa syaa Allah.. Aku ikutan dengerin ceramah tth kepsek jd terinspirasi juga. nuhun teh semangattt anak bangsa,” tulis akun In*** l**i aja.

“Waaahhh amanat pembina upacara yg keren dan bermakna banget. slm kenal Bu kepsek,” tulis akun Papi Tegar Satrio Gemilang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini