Share

6 Kunci Sukses Nadiem Makarim dari Pebisnis hingga Jadi Menteri Mendikbudristek, Bisa Dicoba!

Cita Zenitha, MNC Portal · Kamis 29 September 2022 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 624 2677151 6-kunci-sukses-nadiem-makarim-dari-pebisnis-hingga-jadi-menteri-mendikbudristek-bisa-dicoba-89NrwJIlsc.jpg Mendikbudristek (Foto: Okezone)

JAKARTA- Ini 6 kunci sukses Nadiem Makarim dari pebisnis hingga jadi menteri Mendikbud. Penasaran apa saja yang dilakukan mantan CEO Gojek hingga jadi seperti sekarang? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Mendikbud

Nama Nadiem Makarim sudah tidak asing ditelinga masyarakat Indonesia. Inovasinya membuat sebuah terobosan baru dalam komoditi transportasi patut mendapat apresiasi. Sebelum masuk kabinet pemerintahan Presiden Jokowi sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim memegang perusahaan Gojek.

Kesuksesannya memimpin startup unicorn menjadikannya sebagai menteri termuda dalam kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. Berikut adalah 6 kunci sukses Nadiem Makarim dari pebisnis hingga jadi menteri Mendikbud.

6 kunci sukses Nadiem Makarim dari pebisnis hingga jadi menteri Mendikbud dirangkum dari berbagai sumber:

1. Kenali Kemampuan Diri

Mengenali kemampuan yang dimiliki merupakan salah satu kunci kesuksesan. Seseorang yang  mengenali dirinya mengetahui apa yang harus dilakukan. Terutama bagi pelajar, cobalah untuk dalam diri sehingga menciptakan peluang berprestasi.

2. Alami Kegagalan

Jalan kesuksesan tidak selalu mulus, ada saja hambatan yang menjadi penghalang. Namun bila itu terjadi tak ada salahnya untuk mengambil jeda sejenak untuk merefreshkan pikiran.

3. Keluar Dari Zona Nyaman

Habiskan masa muda dengan banyak mencoba hal baru. Anak muda harus sadar akan potensi yang ada dalam dirinya.

4. Berhenti Untuk Menyalahkan Keadaan

Anak muda yang sukses belajar dari kesalahan dan tidak menyalahkan keadaan. Mereka akan mencari  solusi jalan keluar dan berpikir maju kedepan.

5. Giat Belajar

Kunci sukses Nadiem Makarim selanjutnya adalah senang belajar. Dengan begitu sebagai anak muda akan mendapat banyak pengalaman baru.

6. Bekerja Keras

Nadiem Makarim mengatakan bahwa dalam berkarya lakukan secara totalitas. Salah satu contohnya ketika Nadiem Makarim bekerja menuntaskan permasalahan kemacetan. Dari permasalah itu maka lahirlah Gojek sebagai transportasi alternatif memecah kemacetan.

Demikian 6 kunci sukses Nadiem Makarim dari pebisnis hingga jadi menteri Mendikbud. Sebaiknya sebagai kaum muda kita dapat memanfaatkan potensi dalam diri dengan sebaik mungkin.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini