Share

3 UKM yang Diminati Mahasiswa, Bermanfaat untuk Tambah Kemampuan

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 24 September 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 23 65 2673748 3-ukm-yang-diminati-mahasiswa-bermanfaat-untuk-tambah-kemampuan-aMqWwdQ9kv.jpg Ilustrasi/Unpslash

JAKARTA - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan wadah yang menjadi tempat berhimpunnya mahasiswa dengan kesamaan minat, hobi, kegiatan, dan kreativitas.

Bisa dikatakan, UKM ini sama halnya dengan organisasi ekstrakurikuler di sekolah.

Memasuki dunia perkuliahan, mahasiswa baru disarankan untuk memilih dengan cermat sebuah organisasi yang bagus di kampusnya.

Unit Kegiatan Mahasiswa atau organisasi yang ada di kampus bisa menjadi sarana mahasiswa dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya, serta dapat pula menjadi jembatan mahasiswa untuk mencari kerja.

Namun, di antara sekian banyak UKM di kampus, mahasiswa baru mungkin akan kebingungan untuk memilih mana yang cocok untuk diikuti.

Tips memilih UKM bisa disesuaikan dengan kepribadian, minat, bakat, dan cita-ita.

Sehingga ketika nanti sudah tergabung bisa menjalankannya dengan senang dan tidak menyesalinya. Agar tidak salah pilih, berikut informasi UKM yang diminati oleh mahasiswa.

1. UKM Olahraga

UKM olahraga banyak diminati oleh mahasiswa. Misalnya saja, bidang sepak bola.

Salah satu alasannya, bisa menjadi sarana hiburan ketika sedang ada jadwal kuliah yang padat.

Selain itu, mengikuti UKM ini bisa juga untuk mengasah bakat sekaligus mengembangkan kemampuan menjadi pemain yang lebih profesional.

2. UKM Seni

Banyak mahasiswa yang minat terhadap UKM Seni. UKM Seni mencakup beragam kegiatan di bidang seni, mulai dari bermusik, paduan suara, kegiatan seni rupa, dan juga fotografi.

Bagi mahasiswa yang menyukai bidang tersebut, tentu akan merasa nyaman untuk bergabung ke dalamnya. Mahasiswa dapat juga mengasah kemampuan dan bakat seninya untuk bisa melanjutkan ke arah yang lebih tinggi.

3. UKM Kewirausahaan

Bergabung dalam UKM kewirausahaan akan sangat berguna bagi mahasiswa yang ingin belajar tentang usaha ataupun yang ingin membangun usaha.

Oleh karena itu, UKM ini cukup diminati oleh banyak mahasiswa untuk mempelajari ilmu tersebut lebih dalam lagi.

Di UKM kewirausahaan, mahasiswa bisa menyalurkan bakat yang dimiliki di bidang wirausaha dan bisnis.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini