Share

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Universitas Wahid Hasyim Hasilkan SDM Unggul Bidang Kesehatan dan Olahraga

Carlos Roy Fajarta, · Kamis 22 September 2022 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 65 2672960 wapres-ma-ruf-amin-dorong-universitas-wahid-hasyim-hasilkan-sdm-unggul-bidang-kesehatan-dan-olahraga-JUZoucUxgL.jpg Wapres Ma'ruf Amin/Okezone

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengajak civitas akademika Universitas Wahid Hasyim Semarang Jawa Tengah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta olahraga demi bangsa yang maju dan sehat.

Hal ini Ma'ruf Amin sampaikan saat menghadiri persemian Gedung Fakultas Farmasi, Rumah Sakit, dan Sport Center Universitas Wahid Hasyim Semarang, Kamis (22/9/2022).

"Pembangunan ketiga gedung ini menandakan proses perjalanan Yayasan Wahid Hasyim dalam berkontribusi secara aktual kepada masyarakat, utamanya di bidang pendidikan dan kesehatan," ujar Ma'ruf Amin.

Ia menyambut baik peran aktif Yayasan Wahid Hasyim Semarang dalam memajukan kampus melalui pembangunan sarana dan prasarana.

Pasalnya infrastruktur penunjang pendidikan dan kesehatan yang memadai menjadi salah satu kunci katalisasi peningkatan kualitas manusia Indonesia.

Sarana prasarana yang dibangun ini diharapkannya akan semakin memperluas akses masyarakat terhadap layanan kesehatan dan edukasi.

"Tidak hanya memfasilitasi proses belajar mengajar serta mewadahi aktualisasi potensi dan bakat olahraga sejak dini, tetapi pengembangan ilmu pengetahuan, inisiasi penelitian, serta berbagai upaya menuju kemajuan juga dapat bermula di tempat ini," tambah Ma'ruf Amin.

Saat ini kita tengah mengembangkan Desain Besar Olah Raga Nasional (DBON) yang akan dilengkapi dengan peta jalan menuju 2045.

Melalui desain besar ini kita ingin mewujudkan Indonesia Bugar, Berkarakter Unggul, dan Berprestasi Dunia.

Secara konkret pemerintah kata Ma'ruf ingin mencetak masyarakat Indonesia yang bergaya hidup sehat dan aktif, sekaligus atlet-atlet yang berprestasi dan mengharumkan Indonesia di berbagai kompetisi dunia.

"Pada 9 September lalu, ketika menghadiri peringatan Hari Olah Raga Nasional di Balikpapan, saya juga mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi membangun ekosistem yang modern dan kondusif bagi tumbuhnya industri olahraga nasional. Termasuk ajakan untuk mengaplikasikan sports science secara serius," tutur Ma'ruf Amin.

Visi besar tersebut kata dia membutuhkan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha dan industri, media dan akademisi, serta masyarakat luas.

Ia berharap Universitas Wahid Hasyim Semarang dapat aktif ambil bagian untuk mewujudkan kerja besar tersebut.

"Untuk itu, peresmian ketiga gedung ini saya harap dapat melampaui seremoni, tetapi menjadi komitmen nyata Universitas Wahid Hasyim Semarang untuk terus melahirkan beragam gagasan dan inovasi, dan kian memantapkan kiprahnya sebagai kampus berwawasan global dan terdepan dalam prestasi," lanjutnya.

Tantangan yang membentang di hadapan institusi pendidikan tinggi ke depan kata Ma'ruf tidaklah mudah.

Namun, berbekal semangat kemajuan yang tinggi, ia yakin Universitas Wahid Hasyim Semarang mampu menjalankan perannya dengan amanah.

Kuncinya kata Ma'ruf adalah dengan terus memperkuat transformasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, yang dibarengi basis nilai-nilai Islam ahlusunnah waljamaah.

Ia juga mendorong ekosistem pendidikan di mana gagasan-gagasan kreatif dan inovatif, baik dari dosen maupun mahasiswa, dapat terus terasah.

"Pendidikan tinggi diharapkan mampu merespons dan memfasilitasi merdeka belajar dengan terus memperluas sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan. Sehingga Universitas Wahid Hasyim tidak hanya menampakkan keunggulannya di tanah air, tetapi kualitasnya juga diakui di mata dunia," ucap Ma'ruf Amin.

Wapres juga meminta Universitas Wahid Hasyim konsisten menjadi penebar ajaran Islam rahmatan lil alamin yang damai, moderat, dan membawa rahmat bagi semesta.

"Gedung yang sebentar lagi akan kita saksikan peresmiannya, hendaknya dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya berusia panjang, manfaat ketiganya juga saya harapkan dapat menyentuh banyak pihak, baik civitas academica Universitas Wahid Hasyim Semarang, maupun kemaslahatan umat secara nyata," tutup Ma'ruf Amin.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini