Share

7 Artefak Bersejarah yang Ditemukan Secara Tidak Sengaja, Ada Kerangka Manusia Pertama

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 21 September 2022 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 624 2671897 7-artefak-bersejarah-yang-ditemukan-secara-tidak-sengaja-ada-kerangka-manusia-pertama-Gufwdj62t3.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

JAKARTA- 7 artefak bersejarah yang ditemukan secara tidak sengaja menarik untuk dibahas. Bumi yang sudah berdiri sejak jutaan tahun yang lalu ini telah menjadi saksi kehidupan para leluhur.

Jejak kehidupan leluhur bisa Anda temukan dalam bentuk artefak atau fosil yang kaya akan sejarah. Dalam bidang arkeologi, banyak peneliti yang mencoba mencari tahu peninggalan para leluhur dengan cara menggali tanah.

Namun, dalam beberapa kasus justru orang-orang secara tidak sengaja menemukan artefak-artefak berseajrah.

Nah, berikut 7 Artefak Bersejarah yang ditemukan secara tidak sengaja dirangkum dari Readers Digest:

1. Mumi

Sebuah mumi yang diberi nama Otzi ini ditemukan oleh sepasang pendaki asal Jerman pada September 1991. Kala itu Erika dan Helmut Simon tengah melakukan hiking ke Alpen Otztal. Tiba-tiba mereka menemukan sebuah jasad yang telah berwarna kecoklatan.

Awalnya, mereka berdua menganggap jika jasad tersebut adalah seorang pendaki yang baru meninggal. Setelah itu, jasad tersebut diselamatkan dan dibawa ke tenaga medis dan arkeolog.

Setelah diteliti, rupanya jasad berwarna kecoklatan itu telah berusia lebih dari 5.000 tahun, atau hidup pada abad ke 4 SM. Karena ditemukan di pegunungan Alpen Otztal, maka mumi ini dinamai Otzi. Otzi juga dinobatkan sebagai mumi tertua di Bumi.

Anda bisa melihat mumi Otzi yang kini tersimpan di South Tyrol Museum of Archaeology.

2. Peralatan Memasak

Aalat Lomekwi diciptakan untuk memalu dan memotong atau peralatan memasak  jauh sebelum genus Homo (garis spesies yang pada akhirnya akan menghasilkan kita, manusia modern) diperkirakan muncul sekitar 2,8 juta tahun yang lalu.

3. Manusia Pertama

Ada beberapa gua di pegunungan di Jerman selatan yang disebut Jura Swabia yang berisi bukti pendudukan Homo sapiens pada zaman Es sekitar 40.000 tahun yang lalu—ada sisa-sisa api unggun, peralatan, senjata, dan perhiasan, serta patung-patung yang diukir dari mammoth. gading dengan peralatan batu. Venus of Hohle Fels, patung 2,5 inci dari harta karun itu, adalah contoh patung manusia pertama yang diketa

4.Temuan kapal Uluburun

Seorang pencari karang asal Turki, Mehmed Cakir, pada 1982 berlayar ke pesisir Uluburun. Secara tak sengaja ia menemukan sebuah bongkahan kapal di kedalaman 50m.

Para peneliti meyakini jika kapal tersebut sudah ada sejak abad ke 14 SM. Setelah dilakukan penelitian selama 10 tahun, para arkeolog menemukan kotak harga dari masa perunggu akhir, perhiasan dengan nama Ratu Nefertiti, persenjataan, hingga sisa makanan.

5. Gua Lascaux

Gua Lascaux pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh Marcel Ravidat pada September 1940 di dekat Montignac, Prancis. Kala itu anjing Marcel terjatuh ke dalam lubang. Setelah menyelamatkan anjingnya, Marcel dan beberapa temannya kembali ke lubang yang ternyata merupakan sebuah terowongan sepanjang 15m.

Disana terdapat 600 ukiran dan gambar hewan. Tak lama kabar itu terdengar oleh arkeolog asal Prancis. Konon gua tersebut sudah ada sejak 17.000 tahun yang lalu.

Sayangnya, gua ini ditutup untuk wisatawan pada 1963. Di tahun 1979 Gua Lascaux dinobatkan UNESCO sebagai warisan prasejarah.

6. Patung pasukan Qin

Pada Maret 1974 seorang petani asal China tak sengaja menemukan ribuan patung tentara detail yang nyata di dekat kuburan Qin Shin Huang. Setelah melakukan penggalian lebih dalam, ditemukan lebih dari 8.000 patung tentara, kereta kuda, dan pasukan berkuda.

Gulungan Laut Mati
Gulungan Laut Mati ditemukan oleh sekelompom pemuda yang tengah menggembalakan domba di Gua Qumran, Gurun Tudea pada 1947. Dalam gulungan tersebut terdapat tulisan dengan bahasa Yahudi dan Aram. Setelah diteliti rupanya gulungan tersebut berisi perjanjian lama dalam Alkitab. 

7. Gulungan Laut Mati
Gulungan Laut Mati ditemukan oleh sekelompom pemuda yang tengah menggembalakan domba di Gua Qumran, Gurun Tudea pada 1947. Dalam gulungan tersebut terdapat tulisan dengan bahasa Yahudi dan Aram. Setelah diteliti rupanya gulungan tersebut berisi perjanjian lama dalam Alkitab. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini