Share

3 Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan, Demi Lepas dari Penjajahan

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 20 September 2022 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 624 2671395 3-alasan-bangsa-indonesia-memperjuangkan-kemerdekaan-demi-lepas-dari-penjajahan-nxRYn1N8dg.jpg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA- Mengulas alasan bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan. 17 Agustus 1945 menjadi tanggal bersejarah bagi Tanah Air tercinta setelah mengalami penderitaan selama berabad-abad.

Kemerdekaan Indonesia tentu bukan hasil yang mudah, para pejuang rela kehilangan nyawa demi melawan penjajah. Tak banyak yang tahu, para pahlawan harus bekerja keras dalam memperjuangkan hak bangsa.

Lantas, apa alasan Bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan? Untuk mengetahuinya, simak ulasan okezone berikut ini:

1. Lepas dari Penjajah

Setelah mengalami penderitaan selama 350 tahun oleh Belanda dan 3,5 tahun oleh Jepang, bangsa Indonesia tetap memperjuangkan kemerdekaan agar dapat lepas dari penguasaan negara-negara tersebut. Bukan hal mudah, sebab banyak perlawanan yang harus dilakukan. Usaha itu pun akhirnya membuahkan hasil setelah salah satunya Jepang kalah dalam perang Dunia II dan menyerah tanpa syarat.

2. Menaikkan Harkat dan Martabat Bangsa

Alasan lain bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan berikutnya adalah untuk menaikkan dan menegakkan harkat, martabat, serta kedudukan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. Dalam hal ini dimaksudkan sebagai perwujudan bangsa Indonesia dapat berdiri sendiri dan bebas dari tindakan sewenang-wenang dari bangsa Lain.

3.Mewujudkan Bangsa yang Lebih Maju

Di masa penjajahan pemerintahan Indonesia ada di bawah kekuasaan kolonial. Hal ini menyebabkan pemerintah tak dapat mengatur negara sendiri.

Oleh sebab itu bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan agar dapat mengatur negara dan pemerintahan dengan leluasa. Selain itu, menjadi negara yang berdaulat, sejahtera, dan makmur.

Demikian alasan bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan. Setelah merdeka hendaknya sebagai generasi penerus bangsa tetap melanjutkan perjuangan dengan menjaga keutuhan bangsa dan negara.

 (RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini