Share

5 Ragam Kegiatan Mahasiswa Selain Kuliah, Biar Bisa Tingkatkan Kualitas Diri

Stefani Ira Pratiwi, Litbang Okezone · Sabtu 17 September 2022 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 65 2668858 5-ragam-kegiatan-mahasiswa-selain-kuliah-biar-bisa-tingkatkan-kualitas-diri-9fxvZCbUPg.jpg Ilustrasi/Okezone

JAKARTA - Bangku perkuliahan tidak sama dengan bangku SD, SMP, dan SMA. Ketika sudah berada di jenjang pendidikan perguruan tinggi, kemandirian seorang mahasiswa dalam mengembangkan dirinya akan diuji.

Jika seorang siswa SD, SMP, dan SMA masih diarahkan oleh gurunya untuk mencari bakat dan minat, maka seorang mahasiswa harus mampu memilih aktivitasnya sendiri yang sesuai dengan minat dan dapat membantunya meningkatkan kualitas diri.

 BACA JUGA:Kisah Mahasiswa Indonesia Melayat Ratu Elizabeth II di Edinburgh, Antre 5,5 Jam di Tengah Cuaca Dingin

Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk mampu bijak mengatur waktunya, di samping juga memiliki banyak ide guna mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat.

Selain kuliah, mahasiswa dapat mengikuti berbagai macam kegiatan. Untuk membantu para mahasiswa, berikut ini ulasan mengenai alternatif kegiatan yang dapat dilakukan seorang mahasiswa, selain kuliah.

 

1. Mengikuti Proyek Dosen

Di luar jam perkuliahan, sebenarnya mahasiswa masih memiliki banyak waktu yang dapat digunakan.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah mengikuti proyek dosen. Seorang dosen biasanya memiliki proyek-proyek seperti penelitian, seminar, acara, bahkan lomba.

Untuk menyukseskan proyek tersebut, umumnya dosen membutuhkan bantuan tenaga dan pikiran dari mahasiswa. Maka dari itu, mahasiswa harus dapat mengambil kesempatan ini dengan baik.

Dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa dapat memperoleh relasi baru dan membangun hubungan yang baik dengan dosen bersangkutan.

Selain itu, mahasiswa pastinya akan memiliki tambahan ilmu dari dosen maupun proyek yang dijalankan.

2. Mengikuti Organisasi Kampus

Kegiatan ini memang tidak diwajibkan untuk diikuti mahasiswa. Namun perlu diketahui bahwa kegiatan ini akan memberikan banyak manfaat kepada mahasiswa.

Mengikuti organisasi kampus sangat penting untuk melatih jiwa kepemimpinan. Selain itu, di dalam organisasi itu pula seorang mahasiswa dapat melatih kemampuan berkomunikasi melalui interaksi yang dilakukannya.

Dari situlah mahasiswa akan mendapatkan relasi baru. Biasanya di kampus ada beberapa pilihan organisasi yang dapat diikuti, di antaranya adalah BEM, BPM, organisasi keagamaan, paguyuban, hingga UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

3. Mengikuti Kepanitiaan

Selain ikut dalam struktur organisasi, mahasiswa juga dapat berkontribusi dalam kepanitiaan sebuah event atau acara.

Event atau acara ini berbeda-beda skala penyelenggaraannya, ada yang hanya dalam kampus, ada lintas kampus, bahkan ada yang berskala nasional hingga internasional.

Kegiatan kepanitiaan ini akan melatih tanggung jawab mahasiswa dalam sebuah pekerjaan.

Adapun macam-macam event yang biasanya membutuhkan kepanitiaan adalah ospek, seminar, olimpiade antarsiswa SMA, konser amal, dan lain sebagainya.

4.Mengikuti Program Pertukaran Pelajar

Kegiatan pertukaran pelajar dalam negeri maupun luar negeri biasanya diadakan setiap tahun oleh banyak perguruan tinggi.

Perguruan tinggi umumnya melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya agar dapat memberikan kesempatan bagi para mahasiswanya untuk belajar di tempat lain.

Dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa dapat pergi ke tempat baru sekaligus menambah ilmu dan pengalaman di sana.

Bagi mahasiswa yang berminat untuk mengikuti kegiatan ini, wajib untuk rajin mencari informasi terkait pertukaran pelajar.

Hal ini berkaitan dengan adanya syarat-syarat dan juga berkas yang harus dipersiapkan.

5. Kerja Paruh Waktu

Selain mengambil kelas perkuliahan, mahasiswa juga dapat mencari kerja paruh waktu atau part time untuk menambah pendapatan dan mengisi waktu luang.

Ada banyak pilihan kerja part time yang dapat dipilih mahasiswa. Di antaranya adalah kerja menjadi tenaga pendidik seperti guru bimbel, guru privat, dan sejenisnya.

Selain itu, mahasiswa juga dapat melamar pekerjaan paruh waktu menjadi pelayan restoran, kasir, penerjemah, dan lain-lain.

Adapun pilihan yang akan dipilih nantinya harus disesuaikan dengan waktu dan kebutuhan mahasiswa.

Itulah berbagai kegiatan yang dapat dilakukan mahasiswa selain kuliah.

Namun sebenarnya masih ada banyak lagi kegiatan yang dapat diikuti mahasiswa, seperti magang, kompetisi, program summer school, menjalankan bisnis, dan lain-lain.

Dari kegiatan itu, mahasiswa dapat menggali banyak ilmu baru maupun menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di kelas selama perkuliahan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini