Share

LTMPT Tak Lagi Jadi Pelaksana Seleksi Masuk PTN

Erha Aprili Ramadhoni, Okezone · Minggu 11 September 2022 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 11 65 2665293 ltmpt-tak-lagi-jadi-pelaksana-seleksi-masuk-ptn-PEPKPdWoPZ.jpg LTMPT tak lagi menggelar seleksi masuk PTN. (Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak lagi menggelar seleksi penerimaan mahasiswa baru. Hal ini sesuai dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022.

"Sehubungan dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Biploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri bertanggal 1 September 2022, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak lagi melaksanakan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru," demikian pengumuman resmi dari LTMPT yang ditandatangani Ketua Mochamad Ashari, dikutip dari akun medsos, Minggu (11/9/2022).

Nantinya, LTPMT tak lagi mengurus seleksi penerimaan mahasiswa baru. Pemerintah dalam hal ini Kementerian nantinya yang berwenang mengenai hal tersebut.

"Berdasarkan Pasal 20 Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022, Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru diselenggarakan oleh Kementerian bekerja sama dengan PTN. Dengan demikian, segala urusan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baur telah beralih menjadi wewenang kementerian," tuturnya.

Nantinya, seleksi penerimaan mahasiswa baru pada 2023 akan berada di bawag koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sementara itu, untuk jalur seleksi masuk PTN 2023, terbagi menjadi 3.

Pertama, seleksi nasional berdasarkan prestasi. Kedua, seleksi nasional berdasarkan tes. Keduanya akan dikkodinasikan oleh UPT BP3 pada Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek. Ketiga, seleksi secara mandiri oleh PTN.

Sebelumnya, LTMPT telah menyelenggarakan tes seleksi masuk PTN sejak 2019.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini