Share

Universitas Muhammadiyah Surakarta Dapat Tawaran untuk Bangun Kampus di Korea

Natalia Bulan, Okezone · Senin 05 September 2022 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 65 2660904 universitas-muhammadiyah-surakarta-dapat-tawaran-untuk-bangun-kampus-di-korea-nDd3FaLXjs.jpg Universitas Muhammadiyah Surakarta dapat tawaran untuk bangun kampus di Korea/Dok. UMS

SEOUL - Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Profesor Sofyan Anies bersama Wakil Rektor V, Profesor Supriyono, Ph.D serta Tim BKUI berkunjung ke perguruan tinggi mitranya di Korea Selatan.

Kunjungan tersebut pun berbuah manis. Pasalnya, tak hanya sukses memperpanjang kontrak kerja sama dengan dua universitas, Youngsan University dan Tongmyong University, tapi juga ditawari lahan untuk membangun kampus Muhammadiyah di Busan, Korea Selatan.

“Alhamdulliah, kerja sama kami lebih meluas, bukan saja perpanjangan kontrak kerjasama antar perguruan tinggi. Bahkan, oleh Rektor Tongmyong University, kami secara khusus ditawari membuka universitas di Busan,” papar Profesor Sofyan Anif, dikutip dari laman resmi UMS, Senin (5/9/2022).

Mereka juga sempat bertemu dengan mahasiswa Program Double Degree UMS yang tengah belajar di Korea Selatan pada 29 Agustus 2022 kemudian mengunjungi Youngsan University dan Tongmyong University pada 30 Agustus 2022.

Di Seoul, Profesor Sofyan Anis melakukan penandatanganan perpanjangan kerja sama melalui MoU dengan Presiden Youngsan University Korea, Guwuck Bu, Ph.D tentang program double degree dan credit transfer antara UMS dengan Youngsan.

“Pembaharuan MoU dengan Yongsan mempunyai tag line, Wise’u yang berarti Universitas yang Wise dan kamu yang Wise,” papar Wakil Rektor V, Profesor Supriyono.

Follow Berita Okezone di Google News

Supriyono menjelaskan kerjasama akan diperluas dengan pertukaran staf dan riset bersama untuk meningkatkan reputasi akademik ke dua universitas, UMS dan Youngsan secara global.

“Semoga kerja sama ini, berjalan lancar dan UMS semakin maju,” kata Supriyono

Credit Transfer

Setelah dari Yongsan University yang beralamat di 288 Juanm-ro, Yangsan, Gyeongsangnam-do, South Korea, Selasa sorenya Profesor Anif beserta tim melanjutkan misinya ke Tongmyong University yang beralamat di 428 Sinseon-ro, Nam-gu, Busan, South Korea, untuk menandatangani naskah kerjasama MoA.

Rombongan UMS, diterima Presiden Tongmyong University, Jeung Hong Sub dengan sambutan hangat.

Adapun naskah, MoA itu mengatur tentang kerja sama pertukaran mahasiswa melalui program double degree dan credit transfer dalam pembelajaran online, dan bagaimana cara menjalin kedekatan antar dosen masing masing prodi.

Diskusi hangat Jeung Hong Sub dengan Sofyan Anif berlanjut di meja makan, Sofyan menceritakan kepada tuan rumah, bahwa Muhammadiyah sudah mengglobal dengan adanya Pengurus Cabang Istimawa Muhammdiyah (PCIM) di Seoul.

Bahkan dalam waktu dekat berdiri, Pengurus Ranting Istimewa Muhammadiyah (PRIM) di Busan.

“Ada 160 lebih PTM/A di seluruh Indoensia, juga ada UMAM di Malaysia,” papar Sofyan Anif kepada Rektor Tongmyong.

Mendengar paparan itu, Rektor Tongmyong Jeung Hong Sub, bersemangat bahkan kemudian dia menawarkan gedung dengan kelas, berserta fasilitas serta tanah jika Muhammadiyah mau mendirikan universitas di Busan, Korea.

“Beliau sangat serius tentang ini, dan bersedia datang ke Indonesia jika ada respon positif,” kata Sofyan Anif.

Sebagai bentuk keseriusan itu, Sofyan Anif mengundang Rektor Tongmyong University hadir ke Indonesia, saat perayaan puncak Hari Jadi ke-64 UMS, pada 24 Oktober 2022 nanti.

“Rektor Tongmyong juga kami minta memberikan orasi ilmiahnya di hadapan civitas akademika UMS.” tambah Sofyan Anif.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini