Share

Julukan Unik untuk Kampus-Kampus di Indonesia, Punya Ciri Khasnya Sendiri

Risa Maharani Putri, MNC Portal · Minggu 04 September 2022 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 02 65 2659830 julukan-unik-untuk-kampus-kampus-di-indonesia-punya-ciri-khasnya-sendiri-teXxZDVQME.jpg Universitas Brawijaya/Okezone

JAKARTA - Indonesia memiliki banyak sekali universitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Universitas-universitas tersebut bukan hanya memiliki nama, tetapi juga julukan tertentu yang terkait dengan hal atau sesuatu yang khas yang dimiliki kampus tersebut.

Berikut beberapa julukan kampus-kampus di Indonesia.

1. ‘Kampus Biru’ Universitas Gadjah Mada

Julukan ‘Kampus Biru’ untuk Universitas Gadjah Mada pasti tidak asing lagi. Julukan ini bermula dari sebuah novel karya seorang penulis yang berjudul Cintaku di Kampus Biru.

Kampus Biru yang dimaksud pada novel tersebut adalah Universitas Gadjah Mada. Novel tersebut dirilis pada tahun 1974.

2. ‘Kampus Perjuangan’ Universitas Indonesia

Kampus beralmamater kuning ini memiliki julukan ‘Kampus Perjuangan’. Seperti yang sudah diketahui, Universitas Indonesia merupakan kampus tertua yang berdiri di Indonesia.

Awal mula julukan ‘Kampus Perjuangan’ diberikan kepada UI yaitu saat mahasiswa UI dianggap memiliki peran penting dalam berbagai skenario perubahan khususnya dalam pemerintahan dan pergerakan massa pada tahun 1966.

3. ‘Kampus Ganesha’ Institut Teknologi Bandung

Kampus yang berlokasi di Bandung ini dikenal juga sebagai ‘Kampus Ganesha” lantaran dalam logo Institut Teknologi Bandung terdapat sosok Ganesha.

Ganesha adalah dewa dalam mitologi Hindu yang berkepala gajah dan bertubuh manusia. Masih terkait logo, ada pula julukan lain bagi ITB yang populer di kalangan mahasiswa, yaitu ‘Kampus Cap Gajah’.

 

4.‘Kampus Ultraman’ Universitas Sebelas Maret

Universitas Negeri Sebelas Maret yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah memiliki julukan unik. UNS mempunyai julukan ‘Kampus Ultraman’ karena gambar di bagian tengah logo kampus mirip dengan wajah Ultraman, lengkap dengan tanda yang berada pada dahinya.

Para mahasiswa UNS sangat bersemangat menyebut nama julukan kampus mereka ini.

5. ‘Kampus Merah’ Universitas Hasanuddin

Julukan ‘Kampus Merah’ tersemat pada kampus Universitas Hasanuddin. Diketahui, jaket almamater kampus yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan ini berwarna merah.

Maka tak heran jika kampus tersebut dijuluki ‘Kampus Merah’.

Follow Berita Okezone di Google News

6. ‘Kampus Biru’ Universitas Brawijaya

Julukan ‘Kampus Biru’ juga digunakan untuk menyebutkan kampus Universitas Brawijaya yang berada di Malang, Jawa Timur ini.

Julukan tersebut muncul karena Malang memiliki sebutan ‘’Bumi Arema’’, sedangkan Arema identik dengan warna biru.

Selain itu, almamater UB juga berwarna biru. Itulah yang menjadi alasan Universitas Brawijaya disebut ‘Kampus Biru’

7. ‘Kampus Merah Putih’ Universitas 17 Agustus 1945

Julukan ‘Kampus Merah Putih’ ini dibuat karena UNTAG memiliki nama yang merupakan tanggal kemerdekaan Indonesia. Universitas 17 Agustus 1945 merupakan kampus swasta pertama yang berdiri di Jawa Timur pada tahun 1958.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini