Share

7 Sekolah Kedinasan Terbaik di Jakarta, Ada STAN hingga IPDN

Fatmawati, Okezone · Jum'at 02 September 2022 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 02 65 2659810 7-sekolah-kedinasan-terbaik-di-jakarta-ada-stan-hingga-ipdn-LKPJt1UPbs.jpg 7 sekolah kedinasan terbaik di Jakarta/Wahyu Zulianto

JAKARTA - Sekolah Kedinasan merupakan perguruan tinggi yang berada langsung di bawah kementerian atau lembaga pemerintahan.

Selain lulusan SMK, sekolah kedinasan rupanya juga memiliki peminat yang tinggi dari lulusan SMA/MA dan sekolah sederajat lainnya.

Selain karena memiliki prospek kerja yang jelas dan terjamin. Terutama sekolah kedinasan yang menjanjikan mahasiswanya bisa lolos sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Berikut tujuh sekolah kedinasan terbaik di Jakarta yang mungkin bisa masuk ke dalam daftar perguruan tinggi milikmu.

1. Poteknik Keuangan Negara STAN

Dilansir dari laman Instagram milik Badan Kepegawaian Negara, Politeknik Keuangan Negara atau disingkat menjadi PKN STAN masih menduduki peringkat pertama dengan 22.895 pelamar Sekolah Kedinasan.

Follow Berita Okezone di Google News

Lulusan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi-instansi pemerintahan lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan pengaturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan dalam negeri di lingkungan pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah.

Kampus utama IPDN berada di Jatinagor, Sumedang, Jawa Barat. Selain itu, terdapat beberapa kampus lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Papua, NTB, Riau, Kalimantan Barat, dan Jakarta.

Tidak hanya membebaskan biaya perkuliahannya, IPDN juga memberikan uang tunjangan atau uang saku sebagai bonus untuk para prajanya.

3. Politeknik Statistika STIS

Terletak di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, saat ini Politeknik Statistika STIS telah mengantongi akreditasi B dari tiga jurusan yang dimiliki.

Seluruh mahasiswa Prodi D-IV Statistika STIS berstatus ikatan dinas pada Badan Pusat Statistik (BPS) sehingga semua lulusannya diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan BPS.

4. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)

STIP merupakan salah satu kampus pelayaran yang terkemuka di Indonesia.

Berada di bawah Kementrian Perhubungan Indonesia yang dibina oleh BPSDM Perhubungan

dengan membuka 3 jurusan, yaitu Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan.

Kampus dengan luas 32 hektar ini terletak di Marunda, Kecamatan Cilincin, Jakarta Utara ini tiap tahunnya menghasilkan 450 lulusan calon perwira kapal dan kepelabuhan.

5. Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI)

STMI Jakarta masuk ke dalam salah satu Politeknik Negeri di bawah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Pengalaman belajar yang nantinya dapat langsung diaplikasikan dalam dunia kerja, menjadikan STMI banyak digandrungi karena lulusannya memiliki prospek kerja yang jelas dan lebih siap bekerja jika dibandingkan lulusan lainnya.

6. Politeknik Kesehatan (Poltekkes)

Selain Jakarta, kampus Poltekkes juga tersebar hampir di tiap kota yang di Indonesia, seperti Medan, Padang, Riau, Aceh, Jambi, Bengkulu, Palembang, Jambi, Banten, Bandung, Tasikmalaya, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, dan Kalimantan Timur.

Tidak hanya itu, Poltekkes juga terdapat di beberapa kota di Denpasar dan Sulawesi.

Di luar dari lulusan SMA/MA, Poltekkes juga memperbolehkan lulusan SMK untuk mengikuti selesksi sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Misalnya saja seperti Jurusan Keperawatan dan Kebidanan menerima Calon mahasiswa dari SMK Keperawatan, Analisis, Farmasi, dan Kimia.

7. Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Jakarta

Politeknik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara atau yang biasa dikenal dengan POLTEK STIA LAN.

Dikelola oleh badan pemerintahan, yaitu Lembaga Administrasi Negara LAN.

Dikutip dari stialan.ac.id, STIA LAN mengharapkan mahasiswa lulusan program studi bisnis sektor publik, memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis sektor publik, kompeten dalam menglola keuangan sektor publik, dan dapat mengkomunikasikan ide dan informasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini