Share

5 Fakta SMA Terbaik di Indonesia Versi LTMPT Berdasarkan Nilai UTBK 2022, Simak Juga Daftar Lengkapnya

Natalia Bulan, Okezone · Sabtu 27 Agustus 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 27 624 2655770 5-fakta-sma-terbaik-di-indonesia-versi-ltmpt-berdasarkan-nilai-utbk-2022-simak-juga-daftar-lengkapnya-y8sDn7lJSG.jpeg Konferensi pers LTMPT Hasil Pemeringkatan Sekolah berdasarkan hasil UTBK 2022/YouTube/LTPMT Official

JAKARTA - Berikut ini adalah 5 terbaik di Indonesia, jangan lupa simak daftar lengkapnya!

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan Top 1000 Sekolah Tahun 2022 berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Pemeringkatan sekolah-sekolah ini berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan LTMPT.

Menurut Ketua LTMPT Mochammad Ashari, pemeringkatan Top 1000 Sekolah 2022 berdasarkan nilai UTBK merupakan cara untuk menunjukkan akuntabilitas atas penyelenggaraan UTBK SBMPTN tahun ini.

Pemeringkatan yang dihasilkan LTMPT ini bukanlah untuk memunculkan sekolah-sekolah favorit di Indonesia, melainkan bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat untuk mengetahui posisi SMA/MA sederajat yang ikut UTBK secara nasional.

Simak fakta-fakta terkait SMA terbaik di Indonesia selengkapnya di sini!

1. Pulau Jawa mendominasi daftar

Jawa Timur, tercatat sebagai provinsi dengan jumlah Sekolah tingkat atas yang masuk dalam Top 1000 sekolah itu.

Wakil ketua II LTPMS Eduart Wolok mengatakan, para peserta dari jumlah keseluruhan peserta, Jawa masih tercatat sebagai pulau dengan jumlah peserta terbanyak. Jawa Barat, berada di posisi pertama dengan peserta hampir 80 ribu.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kalau kita melihat dari peta yang ada, jumlah terbesar masih berada di pulau Jawa. Terbesar ada di Jawa Barat, hampir 80 ribu, kemudian Jatim , Jateng, , untuk luar jawa ada Sumut, Sulsel. Dari s ebaran ini mayorotas jumlahnya masih terfokus di daerah Jawa," kata Eduar.

Kendati Jawa Barat tercatat paling banyak jumlah peserta, tetapi yang masuk 1000 besar masih kalah oleh Jawa Timur. Selain beberapa provinsi yang ada di pulau Jawa, sejumlah daerh di luar Jawa pun masuk ke dalam 5 besar Top 1000 sekolah tersebut.

"Jawa Timur menempati posisi nomor satu untuk peserta yang diterima, kemudian Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, DKI, Sulawesi Selatan, Sumbar, Aceh, Lampung," papar dia.

Dijelaskannya, data tersebut bisa saja berbeda dengan hasil perangkingan yang dilakukan lembaga lagi. Pasalnya, terdapat metode yang digunakan oleh setiap lembaga.

"Ini berdasarkan kriteria yang LTMPT tentukan. Jadi bisa saja dengan indikator lain , bisa saja berbeda," papar dia.

Sementara, untuk mengetahui lebih rinci terkait perangkingan, bisa dilihat dilihat di ttps://www.ltmpt.ac.id

2. MAN IC Serpong jadi nomor 1 di daftar

Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong menjadi yang terbaik dalam perolehan rerata nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Pergguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022.

Dengan total nilai 666,494, MAN IC Serpong berada pada peringkat pertama dari 1.000 sekolah terbaik sebagaimana dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Alhamdulillah, dua tahun berturut-turut, MAN IC Serpong mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik dari 1.000 sekolah dari hasil rerata nilai UTBK. Ini menjadi semacam penegasan bahwa madrasah ini memang unggulan dan kompetitif,” tegas Menag Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Sabtu (27/8/2022). 

Menurut Menag, ada dua madrasah yang masuk lima besar Top 1.000 Tahun 2022. MAN IC Pekalongan juga berhasil menempati ranking empat dengan nilai total 637,499.

Dibanding 2021, MAN IC Pekalongan mengukir lonjakan kenaikan prestasi yang signifikan hingga sampai 30 peringkat.

Dalam lima peringkat terbaik ini, ada MAN IC Serpong (666,494), SMA Katolik ST Louis 1, Surabaya (641,482), SMA Pradita Dirgantara, Boyolali (640,747), MAN IC Pekalongan (637,499), dan SMAN 8 Jakarta (635,347).

Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani menambahkan, lonjakan prestasi madrasah berdasarkan rerata nilai UTBK tahun 2022, secara umum meningkat tajam.

Pada urutan pertama hingga 61, ada 10 madrasah peraih nilai rerata tertinggi UTBK.

Semuanya mengalami kenaikan peringkat dibanding tahun 2021, kecuali MAN IC Gorontalo yang turun 10 tingkat.

“Ini tentu menggembirakan. Kualitas madrasah makin nyata dan merata. Para siswa makin kompetitif, dan itu tidak hanya di satu atau dua madrasah, tapi banyak juga madrasah lainnya,” terang Kang Dhani, panggilan akrabnya.

“Bagi kami ini bukan semata prestasi dan keberhasilan, tapi akses yang semakin luas bagi masyarakat untuk mendapat kesempatan belajar di madrasah berkualitas,” sambungnya.

3. Baru luluskan 2 angkatan, SMA Pradita Dirgantara raih peringkat 3 nasional

SMA Pradita Dirgantara (SMA PD) meraih peringkat ke-3 SMA terbaik nasional berdasarkan nilai UTBK 2022.

Menyambut kabar baik ini, Direktur Direktorat Pengembangan Sekolah PD, Dwi A. Yuliantoro mengungkapkan bahwa capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh civitas, termasuk alumni angkatan pertama (Wikara) dan angkatan kedua (Argaswara) yang baru saja mengikuti wisuda 25 Juni 2022 lalu.

“Salam takzim saya untuk seluruh civitas SMA PD, Wikara, Argaswara, dan terlebih lagi Yasarini. Kerja keras bersama selama ini akhirnya membuahkan hasil. Mari berjuang bersama kembali, yakin kita raih peringkat 1 kedepannya,” ungkap Dwi.

4. Metode penghitungan

Ketua LTMPT Mohammad Ashari menjelaskan, metode penghitungan Top 1000 Sekolah ini diambil melalui pemeringkatan sekolah dengan jumlah peserta yang mengikuti UTBK 2022 (lulusan tahun 2022) sebanyak lebih dari 40 orang.

Jumlah sekolah yang memenuhi kriteria ini sebanyak 3.381 sekolah. Sementara jumlah peserta yang memenuhi kriteria penilaian UTBK 2022 sebanyak 515.165 orang.

Selanjutnya, metode penghitungan yang digunakan untuk membuat daftar Top 1000 Sekolah yaitu nilai UTBK berdasarkan hasil Tes Potensi Skolastik (TPS) sebesar 60% ditambah dengan 40% Tes Kemampuan Akademik (TKA).

5. Daftar Top 1000 Sekolah Terbaik versi LTMPT dari nilai UTBK 2022

LTMPT sudah merilis daftar Top 1000 Sekolah berdasarkan nilai UTBK 2022.

Daftar tersebut bisa disaksikan melalui laman resmi LTMPT atau artikel Okezone di sini>>> Daftar Top 1000 Sekolah Terbaik Versi LTMPT Berdasarkan Nilai UTBK 2022

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini