Share

Pulau Jawa Dominasi 1.000 Sekolah Terbaik Versi LTMPT

Inin Nastain, Koran Sindo · Jum'at 26 Agustus 2022 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 26 624 2655366 pulau-jawa-dominasi-1-000-sekolah-terbaik-versi-ltmpt-2rxLxRkxDs.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Sebanyak 1.000 Sekolah se Indonesia masuk Top 1.000 hasil penilaian yang dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Jawa Timur, tercatat sebagai provinsi dengan jumlah Sekolah tingkat atas yang masuk dalam Top 1000 sekolah itu.

Wakil ketua II LTPMS Eduart Wolok mengatakan, para peserta dari jumlah keseluruhan peserta, Jawa masih tercatat sebagai pulau dengan jumlah peserta terbanyak. Jawa Barat, berada di posisi pertama dengan peserta hampir 80 ribu.

"Kalau kita melihat dari peta yang ada, jumlah terbesar masih berada di pulau Jawa. Terbesar ada di Jawa Barat, hampir 80 ribu, kemudian Jatim , Jateng, , untuk luar jawa ada Sumut, Sulsel. Dari s ebaran ini mayorotas jumlahnya masih terfokus di daerah Jawa," kata Eduar.

Kendati Jawa Barat tercatat paling banyak jumlah peserta, tetapi yang masuk 1000 besar masih kalah oleh Jawa Timur. Selain beberapa provinsi yang ada di pulau Jawa, sejumlah daerh di luar Jawa pun masuk ke dalam 5 besar Top 1000 sekolah tersebut.

"Jawa Timur menempati posisi nomor satu untuk peserta yang diterima, kemudian Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, DKI, Sulawesi Selatan, Sumbar, Aceh, Lampung," papar dia.

Dijelaskannya, data tersebut bisa saja berbeda dengan hasil perangkingan yang dilakukan lembaga lagi. Pasalnya, terdapat metode yang digunakan oleh setiap lembaga.

"Ini berdasarkan kriteria yang LTMP tentukan. Jadi bisa saja dengan indikator lain , bisa saja berbeda," papar dia.

Sementara, untuk mengetahui lebih rinci terkait perangkingan, bisa dilihat dilihat di ttps://www.ltmpt.ac.id

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini