Share

7 Alasan Pengalaman Magang Penting Sebelum Masuk Dunia Kerja, Nomor 4 Menguntungkan

Rina Anggraeni, Okezone · Selasa 23 Agustus 2022 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 624 2652646 7-alasan-pengalaman-magang-penting-sebelum-masuk-dunia-kerja-nomor-4-menguntungkan-lyUgAz670G.jpeg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA- Ada 7 alasan pengalaman magang penting sebelum masuk dunia kerja menarik untuk diulas. Bagi mahasiswa kegiatan yang akan dijalani di bangku perguruan tinggi tidak hanya duduk belajar di ruang perkuliahan untuk menyerap ilmu yang diberikan dosen. Namun akan ada banyak kegiatan yang akan dijalani diluar bangku perkuliahan. Salah satunya adalah magang.

Magang biasanya menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa. Magang pun tidak hanya bisa dilakukan di sektor-sektor industri namun juga di beragam institusi dan lembaga yang akan memberikan pengalaman menarik bagi para peserta magang.

Berikut 7 alasan pengalaman magang penting sebelum masuk dunia kerja dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Dapat Ilmu

Alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB) itu menceritakan, selain praktik kerja, ketika magang dia juga berupaya untuk mengembangkan diri sambil menambah koneksi.

"Bisa curi-curi ilmu yang positif untuk mengembangkan diri. Apalagi saya magang di divisi human resource (HR), posisi itu kan cukup penting dalam sebuah perusahaan," terangnya.

2. Dapat pengalaman bekerja

Di tempat magang, peserta magang akan mendapatkan pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus kuliah.

3.Gambaran Nyata Dunia Kerja

Program magang ini ibarat gerbang awal untuk masuk dan mengenal seluk beluk dunia kerja. Setelah melewati masa magang, harapannya mahasiswa tidak akan kaget lagi ketika sudah lulus dan harus bekerja di industri.

4. Bangun dan Perluas Jaringan

Jaringan dan relasi adalah hal penting dalam dunia kerja. Dengan ikut program magang, insan dikti bisa bertemu orang-orang baru dan berpengalaman di dunia industri. Jaringan baru ini bisa sangat berguna saat menapaki dunia kerja.

5. Mengukur Kemampuan Diri

Dengan mengikuti kerja magang, Anda juga akan memiliki peluang untuk mengukur kemampuan yang dimiliki oleh diri Anda. Bidang apa saja yang bisa Anda kuasai dengan baik dan bidang apa saja yang ternyata Anda tidak kuasai. Dengan begini juga Anda bisa memperbaiki kemampuan di bidang yang kurang Anda pahami. Hal ini pun bisa Anda jadikan sebagai tolak ukur kemampuan Anda saat nanti Anda benar-benar akan masuk ke dunia bekerja.

6. Mengenali Lingkungan Bekerja

Cepat atau lambat Anda pasti akan berkenalan dengan lingkungan bekerja yang sesungguhnya. Dengan mengikuti kerja magang maka Anda akan berkesempatan ‘berkenalan’ lebih dini dengan lingkungan baru tersebut. Posisi sebagai pekerja magang juga akan menguntungkan Anda, karena jika ada kesalahan yang dilakukan, toh perusahaan tahu bahwa posisi Anda memang sedang belajar. Manfaatkan kesempatan ini sebagai salah satu proses trial dan error sebelum Anda resmi terjun ke dunia kerja.

7. Memahami Proses Bekerja

Dunia kerja dan bangku kuliah benar-benar sesuatu yang berbeda, proses-proses bekerja yang sering diceritakan di kampus bisa jadi berbeda jauh dengan kenyataan yang ada di lapangan. Dengan kerja magang, Anda juga bisa mengenal proses-proses yang dilakukan di dunia kerja dengan lebih baik lagi. Apa saja hambatan yang akan Anda temui nantinya, sehingga Anda bisa belajar untuk mengantisipasinya lebih dini.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini