Share

Intip Bagaimana Tahapan Awal Terjun di Karier Industri Radio

Adi Sekararum Destiani, Presma · Kamis 18 Agustus 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 624 2649925 intip-bagaimana-tahapan-awal-terjun-di-karier-industri-radio-liZHD83gXe.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Radio pernah menjadi bagian salah satu media komunikasi elektronik yang paling banyak dicari selain televisi dan komputer. Dan saat ini radio mungkin belum lekang oleh waktu.

Radio sebuah media komunikasi yang cara penyampaiannya melalui suara. Suara tersebut merupakan suara broadcast atau siaran radio dan suara tersebut diisi oleh seseorang yang merupakan profesi penyiar radio.

Penyiar radio merupakan sosok yang pandai mencairkan suasana saat berkomunikasi. Saat mendengarkan siarannya seperti mempunyai teman ngobrol yang asyik dan sangat dekat sekali dengan pendengarnya.

Saat mendengarkan radio, suara penyiar pastinya mewarnai suasana hati para pendengar. Hal yang sangat menarik adalah ketika seorang penyiar yang penyampaian informasinya sangat ekspresif.

Walaupun sobat pendengar tidak bisa melihat langsung mimik wajah atau ekspresi si penyiar radio tersebut. Mendengarkan lagu-lagu populer di radio juga adalah hal yang menyenangkan. Apalagi kalau lagu favorit terputar, tanpa tahu kalau lagu tersebut adalah lagu yang ditunggu-tunggu.

Dan sebaliknya ketika lagu yang diputar kurang menarik, kadang pendengar suka sedikit kecewa. Tanpa disadari hal tersebut bisa menjadi sebuah bagian komunikasi antara penyiar dan pendengar.

Ditambah seorang penyiar radio tidak hanya memberikan informasi terkini tetapi, dia harus pandai dalam berbagai hal yang berkaitan dengan media komunikasi, baik untuk kebutuhan komersial maupun non komersial.

Kebutuhan komersialnya seperti iklan media produk perdagangan, pembelian produk, pelayanan jasa, dan lain-lain. Serta kebutuhan non komersial, kegiatan penyampaian informasi melalui pesan pada umumya seperti menghimbau dan mengajak.

Fakta unik tentang penyiar radio yang ada di Indonesia adalah Farhan dan Indy Barends. Siapa yang tidak kenal dengan mereka, mereka merupakan penyiar radio talk show pertama di Indonesia.

Berduet siaran bersama yang melakukan siaran 32 jam non stop (radiothon) pada tahun 2002 di Hard Rock FM dengan siaran acara “Good Morning Hard Rockers Show” dan mendapatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Ada beberapa selebriti yang awal mula kariernya menjadi seorang penyiar radio seperti Sarah Sechan, Indy Barens, Farhan , Indra Bekti, Ringgo Agus Rahman, Fitri Tropika, Desta, Choky Sitohang, dan lain-lain.

Tidak perlu khawatir bagi para anak muda untuk mendapatkan kesempatan menerjuni dunia brodcasting tidak harus menyamaratakan dengan selebriti.

Semuanya berjalan dari awal dan sangat menarik pastinya, ada beberapa tips dasar untuk memulai menjadi seorang penyiar.

Hal petama adalah mempunyai karakter vokal yang unik, seperti intonasi saat berbicara, speed atau kecepatan yang jelas agar terdengar nyaman, yang kedua pastinya memiliki wawasan yang luas serta selalu update agar topik pembicaraan masih fresh atau segar di telinga para pendengar, yang ketiga poin plus mampu untuk berbahasa Inggris, karena nanti ketika siaran akan ada tamu atau guest star yang cara berkomunikasinya lebih nyaman menggunakan campuran bahasa Inggris atau full bahasa Inggris.

Kini saatnya kamu memilki kesempatan untuk melalukan wawancara bersama tamu atau guest star. Yang terakhir kamu harus pede atau percaya diri, tanpa adanya timbul suara keraguan saat sedang siaran berlangsung.

Untuk menghindari gugup, kehilangan fokus, suara berbelit saat melakukan siaran kamu bisa berlatih melalui platform media online seperti YouTube, Tiktok, Intagram dan lain-alin.

Ada beberapa akun TikTok yang bernama @ rayeshabrina, @avi_aviliani, @ajeng.dinanti, @kkaniraras, @rullyaustin. Mereka semua adalah penyiar radio Indonesia yang membuat konten di TikTok bertema siaran radio, mulai dari voice over talent untuk pengisi suara iklan, jasa, latihan speed reading, latihan siaran langsung, cara mengontrol mood saat berbicara, memperkenalkan teknik improvisasi, tips mengatasi kesalahan saat siaran berlangsung.

Kalian bisa mengeksplor akun media TikTok tersebut sebagai bahan referensi latihan ilmu brodcasting bagi kalian yang ingin memilki karier menjadi penyiar radio.

Adi Sekararum Destiani

Persma Ketik Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini