Share

Dukung Pariwisata Kreatif, UNS Gelar Pelatihan Budidaya Lemon di Desa Segorogunung

Fahmi Firdaus , Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 65 2649121 dukung-pariwisata-kreatif-uns-gelar-pelatihan-budidaya-lemon-di-desa-segorogunung-LYrRau2oDA.jpg Foto: Humas UNS

SOLO - Tim Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) Keluarga Mahasiswa Diploma Tiga Agribisnis Pertanian (Gamagrita) Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar kegiatan pelatihan budidaya Lemon California dengan tema, "Budidaya dan Pengolahan Pasca Panen Lemon California sebagai Usaha Pemberdayaan Masyarakat Mendukung Pariwisata Desa”.

(Baca juga: Guru Besar UNS Masuk Dalam 29 Ilmuwan Internasional yang Menjadi Mentor Peneliti Muda Indonesia)

Kegiatan pelatihan ini digelar secara luring bertempat di Balai Desa Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Acara ini termasuk ke dalam rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema utama "Pengembangan Pariwisata Kreatif dan Potensi Biofarmaka Menjadi Produk Unggulan Segorogunung untuk Mewujudkan Sustainable Development Goal's Desa”.

Ketua Tim P2MD Gamagrita SV UNS Sekar Putri Dewanty mengatakan, kegiatan pelatihan ini sebagai upaya untuk mengembangkan potensi lokal desa dalam mewujudkan pariwisata kreatif dengan menggandeng beberapa mitra.

“Mitra tersebut antara lain, perangkat Desa Segorogunung, Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan Kelompok Tani yang ada di Desa Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso,” ujar Sekar dalam keterangannya, Selasa (16/8/2022).

Dikatakannya, terhitung 2 tahun berlalu sejak diumumkannya pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, salah satu sektor yang merasakan dampaknya adalah sektor pariwisata.

“Tim menyadari bahwa sektor pariwisata memerlukan perhatian penting karena sektor ini merupakan penyumbang Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang cukup besar bagi negara,”tutup Sekar.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan petani berkenaan dengan proses budidaya dan pengendalian hama penyakit untuk meningkatkan kualitas panen Lemon California, diisi dengan pemaparan materi Budidaya Lemon dan forum diskusi interaktif oleh Dosen Program Studi (Prodi) D3 Agribisnis Hardian Ningsih dan seorang ahli dalam bidang tersebut, Ato Sulistyo.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi penyerahan alat dari Tim P2MD Gamagrita SV UNS kepada pihak desa berupa 1 unit alat pemeras lemon, 1 unit kompor, dan 1 unit food dehydrator.

Selain itu, Tim P2MD Gamagrita SV UNS yang didampingi oleh Dosen Pembimbing, Rysca Indreswari, juga memberikan pelatihan pembuatan produk Lemon California menjadi dried lemon dan sirup lemon. Nantinya produk tersebut dapat dilanjutkan secara mandiri oleh KWT Mawar untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan nilai jual Lemon California yang selama ini hanya bekisar Rp1.000,- sampai Rp3.000,- untuk setiap kilogramnya.

 

“Potensi Lemon California di Desa Segorogunung terhitung berlimpah dan akan disayangkan apabila tidak dimanfaatkan secara maksimal. Harapannya dengan penyerahan alat dari tim, masyarakat juga dapat lebih mudah untuk membuat produk demi mengembangkan potensi lemon yang ada,” tutur Rysca Indreswari.

Sementara Kepala Desa Segorogunung, Tri Harjono, mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Tim P2MD Gamagrita SV UNS yang telah memilih Desa Segorogunung untuk kedua kalinya sebagai lokasi kegiatan pengabdian masyarakat dalam program P2MD.

“Saya berterima kasih kepada Tim P2MD Gamagrita SV UNS karena sudah mau melanjutkan program bersama desa ini untuk lebih memajukan dan menggali potensi desa. Demi kemajuan desa ini saya tidak ada tawar menawar dan akan menerima serta memfasilitasi pihak yang memberi bantuan kepada kami”, tutup Tri Harjono.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini