Share

Laksanakan Ospek Secara Luring, Universitas Brawijaya Komitmen Tak Ada Perundungan dan Jaga Prokes

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 65 2648871 laksanakan-ospek-secara-luring-universitas-brawijaya-komitmen-tak-ada-perundungan-dan-jaga-prokes-6xIOZMDrqQ.jpg Universitas Brawijaya (UB) gelar ospek secara luring/Avirista Midaada

MALANG - Universitas Brawijaya melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) atau ospek secara hybrid.

Pelaksanaan ospek selama enam hari dimulai dengan upacara pembukaan ospek yang diikuti oleh 500 mahasiswa baru (Maba) yang hadir di Lapangan Rektorat, pada Selasa pagi (16/8/2022), sedangkan sisanya sebanyak 15.179 mahasiswa mengikuti secara daring.

Rektor Universitas Brawijaya (UB) Profesor Widodo menyatakan, para mahasiswa baru UB mampu memiliki kualitas saat menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya.

Harapannya ketika akan lulus mahasiswa memiliki kempes dan keahlian ilmiah, sikap, dan integritas terampil, serta terpuji.

"Harapannya mahasiswa tidak saja sebagai job seeker (pencari kerja), tetapi sebagai job creator (pencipta pekerjaan)," kata Widodo saat memberikan sambutannya.

Di sisi lain Koordinator Ormawa dr. Eriko Prawestiningtyas,Sp.F, menjelaskan prosesi penerimaan mahasiswa baru hanya berlangsung sampai jam 11.00.

Sedangkan hari kedua dan ketiga baru dilakukan secara campur dan dibagi empat sesi.

Tiap sesi diikuti secara luring oleh 750 maba di Gedung Samantha Krida, sedangkan sisanya mengikuti daring melalui Google Meet dan Zoom.

“Mahasiswa yang telah selesai sesinya tidak berkewajiban untuk tetap di UB, jadi bisa mengikuti sesi selanjutnya secara daring,” ucap dr. Eriko.

Pihak panitia juga telah menyiapkan 144 operator yang bakal bertanggungjawab secara teknis pelaksanaan ospek.

Tak hanya itu, para operator ini juga diharapkan mampu menjadi pengawas terselenggaranya ospek secara daring dan meminimalisir adanya perundungan dan kekerasan fisik yang dilakukan.

”Untuk panitia operator yang akan mengawasi kegiatan Maba secara daring akan ada Bimtek (Bimbingan Teknis) yang salah satu materinya dari Unit Konseling dan Pencegahan Kekerasan Seksual," ucap dia.

Ia juga meminta kepada panitia mahasiswa tidak memobilisasi mahasiswa menuju gerbang ke luar, namun cukup diarahkan keluar dari gedung acara saja.

Selain itu juga tidak diperkenankan melakukan mobilisasi mahasiswa berdasarkan fakultas sebelum memasuki lapangan.

Selama PK2MB, para Maba Universitas Brawijaya ini diberikan sejumlah materi mulai dari kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara, sistem pendidikan tinggi di Indonesia, perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan kehidupan kampus pada masa pandemi Covid-19, hingga kesadaran lingkungan hidup.

Selanjutnya materi manajemen risiko dan kampus sehat, materi pengembangan karakter mahasiswa agar mempunyai sikap sebagai intelektual, anti kekerasan, dan anti perundungan, hingga materi muatan lokal, juga diberikan kepada para Maba.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa, Nurcholis Mahendra berharap Maba bisa mengikuti PKKMB dengan baik sebagai gerbang awal untuk mengenal UB, organisasi kampus, pertemanan, dan perbedaan budaya.

Ia menjamin dalam pelaksanaan PKKMB tidak ada perundungan yang dilakukan panitia. Hal tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Rektor Nomer 63 tahun 2022 tentang PKKMB tahun akademik 2022/2023.

“Kita tidak akan melakukan pembentakkan untuk mobilisasi mahasiswa. Panitia memberlakukan peserta dengan humanis,” tegas Nurcholis.

Ketua Pelaksana Raja Brawijaya Khofifah Aqsha menuturkan, telah menyiapkan skenario protokol kesehatan (Prokes) kedatangan Maba, sejak pintu masuk kampus mengantisipasi adanya penularan Covid-19.

Langkah pencegahan dan aturan ketat pun diberlakukan pada ospek luring pertama di masa pandemi Covid-19 ini.

"Maba yang menghadiri kegiatan luring tidak boleh dalam kondisi sakit batuk, pilek, demam, sudah vaksin dosis dua, memakai masker KN-95, membawa hand sanitizer, serta membawa paper board mandiri. Bagi panitia Raja Brawijaya, universitas memberikan fasilitas vaksin dosis 2 di Rumah Sakit Universitas Brawijaya," tukasnya.

Upacara pembukaan PK2MB UB sendiri dibuka secara simbolis oleh Rektor Universitas Brawijaya dengan mengangkat keris sebagai simbol pembukaan kegiatan Raja Brawijaya 2022.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini