Share

Presiden Jokowi: Para Siswa dan Mahasiswa Harus Dikenalkan Dunia Kerja Sejak Dini

Bachtiar Rojab, MNC Media · Selasa 16 Agustus 2022 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 624 2648768 presiden-jokowi-para-siswa-dan-mahasiswa-harus-dikenalkan-dunia-kerja-sejak-dini-Pn6DlFrMFU.jpg Presiden Joko Widodo saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI, Selasa (16/8/2022)/Antara

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah agar bersama-sama membangun kualitas pendidikan Indonesia sejak dini.

Salah satunya dengan turut mengenalkan dunia pendidikan kepada isswa dan mahasiswa untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

"Akses anak usia didik terhadap layanan pendidikan yang berkualitas harus terus diprioritaskan. Para siswa dan mahasiswa harus dikenalkan pada dunia kerja sejak dini," ujar Jokowi dalam pidatonya, Selasa (16/8/2022).

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan, terdapat beberapa aspek yang perlu digenjot dalam dunia pendidikan. Termasuk, mengenai Teknologi, Sains hingga olahraga. Sehingga, kata Jokowi, perlu adanya budi pekerti yang luhur dengan dibarengi Ideologi Pancasila.

"Minat anak di bidang sains, teknologi, seni, dan olahraga harus didukung dan diapresiasi. Oleh karenanya, budi pekerti yang luhur, ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan patriotisme merupakan pilar utama," paparnya.

Tak hanya itu, Jokowi turut meminta pemerintah bersama-sama membangun semangat gairah kebangsaan. Hal itu, ungkap Jokowi, dengan meningkatkan seni dan tradisi lokal dengan program dana abadi Kemendikbudristek.

"Seni dan tradisi lokal dengan semangat kebangsaan harus terus digairahkan. Karya sastra dan film karya seniman muda harus terus didukung. Dana Abadi Kebudayaan akan terus kita tingkatkan sesuai kemampuan fiskal pemerintah," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini