Share

5 Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Terkait Dengan UUD 1945, Nomor 1 Paling Berkesan

Rina Anggraeni, Okezone · Sabtu 13 Agustus 2022 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 13 624 2647206 5-makna-proklamasi-kemerdekaan-indonesia-terkait-dengan-uud-1945-nomor-1-paling-berkesan-9SmPWh2oYd.jpeg Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Ada 5 makna proklamasi kemerdekaan Indonesia terkait dengan UUD 1945 yang bakal diulas dalam artikel ini. Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia tentunya sangat dalam. Bagi warga negara yang baik, mengetahui makna proklamasi tentunya akan membangkitkan rasa nasionalisme dan juga rasa persatuan yang tinggi. Sehingga dengan ini akan menjauhkan bangsa dari perpecahan.

Proklamasi yang dibacakan oleh Ir. Seokarno pada tanggal 17 Agustus 1945 menjadi salah satu momen bersejarah dalam kemerdekaan bangsa Indonesia. Peristiwa yang hanya berlangsung beberapa jam saja, tapi memberikan dampak perubahan yang sangat besar bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, dengan dibacakannya proklamasi berarti rakyat Indonesia telah menyatakan kebebebasannya dari penjajahan yang selama ratusan tahun terjadi.

Tentunya, proklamasi bukanlah akhir dari perjuangan pendahulu kita, namun sebuah awal untuk mempertahankan sebuah bangsa. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui makna proklamasi agar jiwa nasionalisme kita tidak pudar.

Berikut 5 makna proklamasi kemerdekaan Indonesia terkait dengan UUD 1945 dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Puncak perjuangan

Dalam UUD 1945 ini memiliki makna proklamasi sebagai puncak perjuangan untuk mengusir penjajah sehingga bangsa Indonesia dapat memperoleh hak kemerdekaan dan kebabasan, serta berkedudukan sejajar dengan bangsa lain.

2. Sebagai landasan hukum

UUD 1945 sebagai hukum dasar tertulis menjadi dasar hukum penyelenggaraan negara sehingga tidak dapat dilaksanakan jika proklamasi tidak diikrarkan.

3. Persatuan 

UUD 1945 menjadi pilar kehidupan ketatanegaraan yang menjadi dasar pejabat negara dalam menentukan kebijakan dan peraturan.

4. Sikap kebersamaan

Dalam UUD 1945 juga berisikan saling menghormati,  pendapat orang lain, tidak memaksakan kehendak, mengutamakan persatuan dan kesatuan, serta ikhlas menerima keputusan dengan penuh tanggung jawab seperti semangat proklamasi diterapkan saat merumuskan dasar negara.

5. Sebagai amanat

UUD 1945 mengartikan proklamasi sebuah amanat bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mewujudkan negara yang saling melindungi, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan juga ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

(RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini