Share

5 Life Skills yang Perlu Dikuasai Anak Kos Agar Bisa Bertahan Hidup

Nur Fitriani, Presma · Jum'at 12 Agustus 2022 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 65 2646863 5-life-skills-yang-perlu-dikuasai-anak-kos-agar-bisa-bertahan-hidup-mlfkRePZrV.jpg 5 life skills yang harus dikuasai anak kosan agar bisa bertahan hidup/Unsplash

JAKARTA - Berikut ini adalah 5 life skills yang perlu dikuasai anak kos agar bisa bertahan hidup dengan baik dan layak.

Kehidupan anak kos memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Kebiasaan makan mie instan, sakit sendirian serta homesick merupakan dilema anak kos yang sudah tidak asing lagi bagi mereka.

Selalu ada cerita unik seputar anak kos. Ketika 'sah' menjadi anak kos, rasanya kamu seperti merasa sangat bebas karena tidak ada lagi ceramah dari orangtua ketika pulang larut malam.

Namun, saat sudah jalan tahun ke tahun berikutnya kebahagiaan itu akan mulai memudar karena kamu mungkin akan mulai menemukan berbagai masalah dalam kehidupan sebagai anak kos yang harus kamu selesaikan sendiri.

Bisa dikatakan, menjadi anak kos menuntut kamu untuk hidup mandiri. Beberapa lifeskill ini harus kamu miliki untuk ketentraman hidupmu selama menjadi anak kost

1. Mengatur Keuangan

Berfoya-foya diawal bulan dan melarat pada akhir bulan rasanya sudah tidak asing di kehidupan anak kos.

Beberapa di antara mereka akan mengubah caranya bertahan hidup. Seperti misalnya mulai melakukan puasa sunnah karena manajemen uang yang buruk sehingga dompet sudah menipis di akhir bulan.

Meskipun ini merupakan hal yang baik karna dapat mendatangkan pahala. Namun, mengelola keuangan dengan bijak sangatlah penting.

Kamu harus bisa memprioritaskan mana yang lebih dibutuhkan. Jangan sampai kamu dilanda kebangkrutan di tanggal muda.

Kita tidak pernah tahu pengeluaran tak terduga seperti apa yang nanti akan menghampiri. Apabila kamu punya simpanan uang kamu tidak perlu khawatir apabila tiba-tiba membutuhkan uang.

2. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan salah satu bentuk selfcare yang paling sederhana untuk dilakukan.

Tidak hanya tubuh, kamar kos kamu pun harus tetap kamu jaga kebersihannya. Kalau lingkungan sekitarmu bersih wangi dan enak dipandang kamu akan lebih nyaman menjalani hari.

Minimal sehari sekali kamu harus menyapu, merapikan tempat tidur, dan biasakan langsung mencuci piring sehabis makan karena biasanya sekali mager nanti akan keterusan.

Menumpuk piring kotor akan membuat pekerjaanmu akan terasa lebih berat. Ingat, kamu masih memiliki tugas kuliah yang harus diselesaikan.

3. Memasak

Tampaknya, mie instan merupakan makanan kebangsaan anak kos di seluruh penjuru Indonesia.

Namun, sebagai anak kos minimal kamu harus bisa memasak nasi. Karena bagi orang Indonesia rasanya belum lengkap kalau belum makan nasi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pola makan dan kebiasaan makan yang tidak sehat, karena pengaruh beberapa faktor seperti kesibukan akademik, pilihan makanan yang terbatas di sekitar kampus, atau memilih makanan dengan harga yang terjangkau.

Dengan skill memasak, kamu bisa memasak makanan sederhana yang dapat memperbaiki pola makan yang buruk serta dapat menghemat pengeluaran.

Selain itu, menu makanan kamu akan menjadi lebih beragam.

4. Memperkaya Pengetahuan tentang Lifehacks Ala Anak Kos

Tidak ada yang tidak mungkin, begitulah prinsip mereka yang menggunakan hanger pakaian sebagai alat panggang.

Tidak hanya itu, ide kreatif anak kos pun masih terus mengalir di antaranya, menjadikan magic com sebagai alat serba bisa, menjadikan gayung untuk mandi sebagai mangkuk, dan saat tidak punya setrika kamu bisa menggantikan setrika dengan panci yang berisi air panas.

5. Lebih Peka Terhadap Sekitar

Ketahuilah di mana tempat penyedia jasa di sekitar kos kamu seperti tambal ban, pom mini, atau fotokopi.

Cobalah akrab dengan tetangga tetangga kos atau ibu warteg langganan kamu, hal ini kerap akan bermanfaat dan lebih memudahkan kehidupanmu sebagai anak kos apabila suatu saat kamu membutuhkan bantuan

Nah, bagaimana? Apa kamu sudah punya semua skill yang telah dijelaskan di atas? Jika belum, mulai terapkan dari sekarang, ya!

Nur Fitriani

Persma Ketik Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini