Share

Ingin Belajar Bahasa Baru? Inilah 5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Asing dengan Mudah

Mirsya Anandari Utami, Presma · Jum'at 12 Agustus 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 624 2646780 ingin-belajar-bahasa-baru-inilah-5-rekomendasi-aplikasi-belajar-bahasa-asing-dengan-mudah-TUMjC4KTny.jpg 5 rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing dengan mudah/Unsplash

JAKARTA - Berikut ini adalah 5 rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing dengan mudah dan praktis.

Bahasa merupakan alat komunikasi utama untuk para penuturnya. Kini, diketahui ada sekitar 7000 bahasa yang ada di dunia.

Banyak dari mereka yang terancam punah karena berbagai faktor. Pada saat yang sama, terdapat beberapa bahasa yang semakin maju dan berkembang.

Menurut data Ethnologue: Languages of the World, sebuah lembaga penelitian linguistik, Bahasa Inggris menempati posisi pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan dengan 1,5 milyar penutur.

Angka tersebut tidak diragukan lagi mengingat bahasa tersebut menjadi bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang, mulai dari bisnis, pendidikan, hingga diplomasi.

Mengingat pentingnya bahasa asing di era sekarang, tidak heran jika banyak orang yang ingin mempelajari berbagai macam bahasa.

Namun, keterbatasan waktu dan biaya terkadang menjadi kendala. Untungnya, seiring kemajuan teknologi, terdapat banyak aplikasi belajar bahasa asing yang dimanapun dan kapanpun.

Berikut 5 rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing yang bisa kamu coba.

1. Duolingo

Aplikasi ini pasti sudah tidak asing bagi kamu yang senang belajar bahasa asing melalui aplikasi.

Aplikasi berlogo burung hantu ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Play Store dan mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi terbaik di tahun 2013.

Terdapat 39 bahasa yang bisa dipelajari dalam aplikasi ini. Melalui Duolingo, mempelajari kosa kata menjadi lebih mudah dengan adanya fitur latihan berbicara, menulis, dan mendengar. Tertarik mencoba?

2. Memrise

Ingin menambah kosa kata dan ekspresi sehari-hari? Aplikasi Memrise bisa menjadi pilihan dalam membantu kamu belajar bahasa asing.

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna ini merupakan aplikasi belajar untuk 19 bahasa asing dari seluruh dunia.

Dilengkapi dengan game yang dapat melatih kecakapan dan pendengaran membuat belajar bahasa asing tidak terasa membosankan.

Tidak hanya itu, Memrise juga menyediakan video klip pendek yang menampilkan percakapan penutur asli sehingga membuat kamu lebih memahami bahasa yang mereka gunakan.

3. Rosetta Stone

Telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna, Rosetta Stone menyediakan 22 bahasa yang dapat dipelajari.

Mendapatkan berbagai penghargaan pada tahun 2019, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur belajar yang interaktif dapat digunakan kapan saja dan dimana saja, baik online maupun offline.

4. Cake

Masih sering mencari subtitle Indonesia ketika menonton film? Kamu harus mengunduh aplikasi Cake dalam smartphone kamu.

Aplikasi yang khusus mempelajari Bahasa Inggris ini telah diunduh sebanyak 50 juta pengguna.

Cake akan melatih kamu berbahasa Inggris melalui cuplikan video atau film yang dilengkapi subtitle sehingga kamu menjadi akrab dengan berbagai aksen dan ekspresi yang berbeda.

Kamu dapat memilih berbagai macam video dan topik sesuai dengan apa yangdi ingin pelajari.

Tidak hanya melihat dan mendengarkan, kamu juga dapat melatih kemampuan berbicara dengan mengulangi setiap kalimat yang diucapkan dalam video tersebut.

5. LingoDeer

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna ini cocok bagi kamu yang ingin mempelajari sebuah bahasa baru dari level dasar.

LingoDeer menyediakan 2000 kosa kata dan frasa pendek yang digunakan sehari-hari dalam setiap program bahasa.

Aplikasi ini menawarkan fitur menarik yang jarang ada pada aplikasi-aplikasi pembelajaran lain, seperti pelatihan karakter dan tata bahasa, pengucapan kata, hingga pembelajaran dasar seperti alfabet.

Sistem pembelajaran yang bermacam-macam dan dilengkapi dengan native speaker audio membuat belajar bahasa kamu semakin menarik.

Mirsya Anandari Utami

Persma Ketik Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini