Share

Ternyata, Begini Cara ke Pulau Kalimantung dari Kota Medan untuk Hemat Budget

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 09 Agustus 2022 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 624 2644615 ternyata-begini-cara-ke-pulau-kalimantung-dari-kota-medan-untuk-hemat-budget-JSt0U3duEJ.jpg Ilustrasi (Foto:Istimewa)

JAKARTA - Ternyata, begini cara ke Pulau Kalimantung dari kota Medan bisa ditempuh oleh wisatawan. Pulau Kalimantung ini merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal dengan keindahannya. Pulau ini berada di Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah adapun merupakan bagian dari Pulau Mursala.

Diantaranya adalah Pulau Mursala termasuk wilayah Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Luas Pulau Mursala sekira 8.000 hektare, merupakan daerah perbukitan yang indah.

Ternyata, begini cara ke Pulau Kalimantung dari Kota Medan ini memiliki beberapa aliran sungai berbatu dengan arus cukup deras yang mengalir membelah Pulau. Serta banyak keindahan terumbu karang di bawah laut sehingga dijadikan konservasi terumbu karang.

Dulu, nama lengkap pulau ini adalah Pulau Kalimantung Ketek. Lalu sejak tahun 2007, istilah Ketek diganti dengan Namenek. Namenek sendiri dalam bahasa lokal berarti kecil. Ada juga penggunaan nama Pulau Bunijikho, tapi untuk nama terakhir ini belum ada sumber jelas kenapa pulau ini diberi nama seperti itu.

Mulanya, untuk berangkat dari Kota Medan menuju ke Pulau Kalimantung, terlebih dahulu harus menuju Kota Sibolga. Untuk sampai kota Sibolga gunakan jalan tol Lintas Sumatera dan Jl. Lintas Barat Sumatera/Jl. Sibolga - Tarutung. Umumnya, perjalanan melalui jalan tol tersebut, membutuhkan waktu tempuh berkisar 1,5 hingga 2 jam perjalanan.

Hanya saja, jika tak ingin menggunakan jalan tol, maka perjalanan memakan waktu hingga 8 jam. Hal ini juga bergantung dengan situasi di jalan mulai dari kemacetan lalu lintas dan rute yang dipilih.

Untuk kendaraan yang digunakan dapat menggunakan mobil maupun kendaraan umum seperti bus. Kamu bisa menaiki bus tujuan Sibolga yang ada di SM Raja.

Sesampainya di Kota Sibolga, dilanjut dengan perjalanan laut, yakni menaiki kapal sewa di Pantai Pandan. Di sana terdapat beragam kapal yang bisa digunakan sebagai alat transportasi penyeberangan.

Biaya penyeberangan kapal ini berkisar sekitar Rp1.500.000 untuk sekali perjalanan dengan waktu tempuh kapal berkisar 2 jam. Setelah menyeberang dengan kapal, barulah sampai di Pulau Kalimantung.

Sehingga dapat diketahui, estimasi waktu perjalanan dari kota Medan ke pulau Kalimantung jika menggunakan jalan tol hanya membutuhkan waktu 4 jam. Sementara jalan nasional membutuhkan waktu 10 jam.

Jika berkunjung ke pulau ini aktivitas yang perlu dilakukan adalah berenang dan snorkeling adalah sebagian kegiatan yang menarik di pulau ini. Bersantai atau menjelajahi pesisir pantainya yang menawan juga menyenangkan. Secara alami, banyak spot foto yang instagramable di pulau ini.

Demikian cara mudah ke pulau Kalimantung dari kota Medan yang wajib diketahui.

(RIN)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini