Share

Miris, Jumlah Siswa SMK di Kota Sukabumi Hanya 5 Orang, 3 Sekolah Gulung Tikar

Dharmawan Hadi, iNews · Jum'at 05 Agustus 2022 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 624 2642689 miris-jumlah-siswa-smk-di-kota-sukabumi-hanya-5-orang-3-sekolah-gulung-tikar-Ean7IkQtvN.jpg Ilustrasi/ Foto: Antara

SUKABUMI - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada di Kota Sukabumi terancam gulung tikar, akibat penurunan jumlah siswa dalam setiap tahun ajaran baru. Dari 28 SMK yang ada, hingga saat ini sudah 3 SMK yang berhenti beroperasi akibat tidak ada siswa yang mendaftar.

Kepala Sekolah SMK PGRI 1, Riswan Safari mengatakan bahwa hal tersebut terjadi semenjak diberlakukannya PPDB online dan semakin menjamurnya lembaga pendidikan yang baru di Kota maupun Kabupaten Sukabumi, ini berimbas kepada penurunan jumlah siswa khususnya di SMK swasta.


"Walaupun penurunannya dari tahun ke tahun kecil, namun penurunan itu semakin lama sekolah-sekolah swasta tidak kebagian siswa juga, yang pada akirnya gulung tikar. Jumlah SMK swasta awalnya 28 sekolah, dan 3 SMK sudah tutup, yaitu SMK Kartika, BPK Penabur dan SMK PGRI 2," ujar Riswan kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (5/8/2022).

Lebih lanjut Riswan mengatakan bahwa jumlah siswa baru tahun 2022/2023 yang ada di Kota Sukabumi total berjumlah 1.536 orang. Setiap SMK bervariasi jumlah siswanya mulai di atas 200 orang bahkan ada yang di bawah 5 orang saja dalam satu sekolah.

"Melihat kondisi saat ini, khususnya SMK swasta kami sangat prihatin, dalam perkembangan dan pertumbuhan jumlah siswa, sedangkan saudara kami sekolah negeri siswanya sangat berlimpah melebihi kapasitas ruang belajar dan tempat praktiknya," keluh Riswan.

Oleh sebab itu, lanjut Riswan, pihaknya kemarin meminta bantuan kepada DPRD Kota Sukabumi, untuk memperhatikan, membantu dan merekomendasikan SMK dan sekolah-sekolah swasta dijadikan tujuan orang tua dalam mendaftarkan putra putrinya.

"Kami pun tidak kalah lebih baik dengan sekolah negeri dan kami pun siap bila diminta untuk membebaskan biaya pendidikan kepada siswa atau siswi yang tidak mampu untuk warga Kota Sukabumi," tambah Riswan.

Daftar Jumlah Siswa SMK di Kota Sukabumi

1. Jumlah siswa di atas 200 : 2 sekolah (PGRI 1 dan Ibadurahman)

2. Jumlah siswa di atas 100 : 3 sekolah ( Tunas Madani, Pasim dan Pelita)

3. Jumlah siswa di atas 50 : 4 sekolah (Muhamadiyah, Bina Teknik, Persada, Syamsul Ulum)

4. Jumlah siswa di atas 40 : 4 sekolah (Penguji, Alfaht, Padjajaran, Abdi bangsa)

5. Jumlah siswa di atas 30 : 1 sekolah (Annaba)

6. Jumlah siswa di atas 20 : 4 sekolah (Ulul Albab, Gema Istikomah, Mutiara Cendikia, Priority)

7. Jumlah siswa di atas 10 : 6 sekolah (Amal Islami, BSM, Siliwangi, Pasundan 1, Taman siswa, IT Madani)

8. Jumlah siswa di bawah 5 : 1 sekolah (Pasundan 2)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini