Share

Kronologi dan Latar Belakang Konflik Rusia-Ukraina, Bongkar Faktanya!

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 01 Agustus 2022 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 624 2639862 kronologi-dan-latar-belakang-konflik-rusia-ukraina-bongkar-faktanya-UcfcOib8Ps.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone/AFP)

JAKARTA - Kronologi dan latar belakang konflik Rusia Ukraina kembali dikulik berkat ketegangan yang dua negara ini ciptakan berbulan-bulan lamanya. Kedua negara ini juga sempat memutuskan untuk berperang pada Kamis (24/2) lalu.

Perang tersebut dilatarbelakangi penggulingan presiden Ukraina pada tahun 2014, Moskow Viktor Yanukovych, dari kekuasaan nya menyusul protes masal dari masyarakat. Dibawah tekanan Rusia, Yanukovych menolak menandatangani Perjanjian Asosiasi antara Ukraina dan Uni Eropa.

Penolakan itu membuat marah masyarakat yang sudah menantikan untuk bergabung dengan Uni Eropa. Banyaknya tuduhan korupsi dari pejabat setempat termasuk Viktor Yanukovych sendiri juga menjadi alasan kemarahan masyarakat.

Kronologi dan Latar Belakang Konflik Rusia Ukraina memang tidak pernah akur apalagi setelah keduanya menjadi negara merdeka pasca runtuhnya Uni Soviet pada 1991 lalu.

Menelaah kembali ke abad pertengahan, dulu Rusia, Ukraina dan Belarusia menjadi negara adidaya yang sangat berpengaruh saat itu. Di Bawah dinasti Romanov abad ke-16 Ukraina dikuasai oleh Polandia. Kemudian, tahun 1648 Rusia bantu membebaskan Ukraina dari belenggu Polandia.

Konflik keduanya sudah memanas sejak revolusi Bolshevik tahun 1971 dan jatuhnya Kekaisaran Soviet. Ukraina membentuk pemerintahan sementara dan mengesahkan republik dalam struktur Federasi Rusia. Ukraina membentuk badan koordinasi,Ā  Dewan Central Rada, yang berkembang menjadi dewan Revolusioner.

Pemerintah Sementara Rusia memberikan Ukraina otonomi atas nama Republik Rakyat Ukraina (UNR), tetapi kaum Bolshevik kemudian menolak untuk mengakui hal ini dan menyerbu Ukraina dan memasukkannya ke dalam negara Soviet.

Kronologi dan latar belakang konflik Rusia Ukraina iniĀ  bermula pada tahun 2013 ketika Ukraina berhadapan dengan krisis ekonomi dan hutang negara. Presiden Ukraina saat itu, Moskow Viktor Yanukovych, memiliki dua pilihan yaitu menerima pinjaman dari Uni Eropa dan bergabung dengannya atau menerima pinjaman dari Rusia serta mendapat potongan harga gas bumi.

Yanukovych akhirnya menolak Uni Eropa dan membuat kemarahan masyarakat di Kiev. Akibatnya ia diturunkan dari jabatannya.

Atas perintah presiden Rusia, Vladimir Putin, Militer Rusia mengambil alih Krimea, Ukraina selatan. Intervensi wilayah tersebut tentu saja didasari dengan alasan melindungi warga Rusia yang tinggal kawan tersebut dan atas perintah presiden Ukraina,Ā  Yanukovych.

Dari tindakan tersebut, Rusia diindikasikan melakukan tindakan separatisme. Sebab apa yang dilakukan Rusia ini tidak sepengetahuan dari pemerintahan Ukraina dan Rusia mendapat kecaman dari berbagai negara di dunia terutama kecaman dari negara barat.Rusia telah melanggar kedaulatan negara Ukraina dan dipandang sebagai ancamanĀ  serius bagi keutuhan wilayah dan perdamaianĀ  Ukraina.

Demikianlah awal mula kronologi dan latar belakang konflik Rusia Ukraina. Semoga bermanfaat. Terimakasih. (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini