Share

5 Kampus Luar Negeri Terbaik untuk Belajar Desain Grafis, Tertarik Mencobanya?

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Minggu 31 Juli 2022 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 65 2639200 5-kampus-luar-negeri-terbaik-untuk-belajar-desain-grafis-tertarik-mencobanya-UOtDPNEqxs.jpg 5 Kampus luar negeri terbaik untuk belajar desain grafis/CMU

JAKARTA - Jurusan kuliah desain grafis memang banyak diminati calon mahasiswa. Sebab, prospek kerja yang dimiliki sangat luas dan terbuka lebar.

Melansir Sindonews, ada berbagai peluang kerja yang mampu digapai lulusan desain grafis, contohnya adalah bekerja di sebuah agensi periklanan, sebagai konsultan brand, dan agensi brand.

Berbagai kampus di dunia juga telah menawarkan program atau jurusan desain grafis. Berikut adalah kampus luar negeri terbaik yang bisa dijadikan tujuan mempelajari desain grafis.

1. Carnegie Mellon University (CMU)

Melansir laman Edu Rank, Carnegie Mellon University (CMU) yang terletak di Pittsburgh, Pennsylvania ini merupakan kampus terbaik di dunia untuk mempelajari desain grafis.

School of Design yang dimiliki universitas ini adalah salah satu yang tertua dan paling diminati di Amerika.

Laman resmi CMU menyebut, program belajar ini menawarkan beberapa tingkat, yakni sarjana, master, dan doktoral. Seluruh civitas akademik program ini terlibat secara aktif dalam berbagai penelitian, baik di tingkat nasional maupun internasional guna menghasilkan hal-hal positif bagi masyarakat luas.

2. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology atau yang lebih dikenal dengan MIT, merupakan kampus di AS yang sangat tenar sebagai kampus teknik terbaik di dunia.

Di bidang desain grafis, kampus ini menempati peringkat ke-2 dunia. Pada jenjang sarjana, mahasiswa akan mendapatkan berbagai macam mata kuliah tentang desain, seperti cara mendesain, cara merancang desain intensif, dan informasi serta visualisasi desain.

Ada pula mata kuliah terkait lokakarya pembuatan furnitur, dasar-dasar komunikasi visual, dan pengantar karya seni 3 dimensi. MIT juga menyediakan program magister di bidang desain grafis dengan masa studi 2 tahun.

3. University of Maryland College Park

Masih dari AS, universitas lain yang juga bisa menjadi tujuan untuk mempelajari desain grafis adalah University of Maryland College Park.

Tidak hanya menerapkan pola pembelajaran di dalam fakultas, namun mahasiswa desain grafis sudah terbiasa melakukan proyek kolaborasi dengan mahasiswa di fakultas dan disiplin lain. Bahkan, hingga merambah ke organisasi nirlaba besar.

Mahasiswa jurusan ini juga diberikan kesempatan magang di berbagai perusahaan besar, seperti The Washington Post, American Film Institute, The Washington Times, dan masih banyak lagi.

4. University of New South Wales (UNSW)

Selanjutnya, ada University of News South Wales di Australia. Melansir laman resmi UNSW, program ini masuk dalam Fakultas Seni Rupa, Desain, dan Arsitektur yang nantinya mahasiswa akan bergelar Sarjana Desain.

Masa perkuliahan ditempuh selama 3 tahun. Mahasiswa yang mengenyam pendidikan bisa menikmati berbagai fasilitas milik kampus.

Contohnya adalah studio desain grafis yang memang sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan menggambar, mulai dari gambar sederhana sampai digital.

5. University of Toronto

University of Toronto yang terletak di Kanada juga mempunyai program desain grafis terbaik. Mahasiswa akan belajar desain dengan menggunakan berbagai aplikasi, seperti Adobe CC dan After Effects.

Dilangsungkan selama 4 tahun, program ini mempunyai paket pembelajaran yang padat dan sangat membantu mahasiswa dalam hal eksplorasi.

University of Toronto sendiri menempati urutan ke-16 kampus terbaik di dunia. Di Kanada, universitas ini menempati urutan pertama dan terbaik.

(bul)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini