Share

Mengenal 5 Kerajaan Tertua Di Indonesia dan Peninggalannya

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 27 Juli 2022 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 26 624 2636420 mengenal-5-kerajaan-tertua-di-indonesia-dan-peninggalannya-rnuasFbqsj.jpg 5 Kerjaan Tertua di Indonesia/Museum Nusantara

JAKARTA - 5 Kerajaan tertua di Indonesia harus anda ketahui. Sejarah berdirinya negara ini memang sangat panjang.

Sebelum Indonesia merdeka, negara ini dikuasai oleh berbagai kerajaan Hindu Budha. Kejayaan kerajaan-kerajaan tersebut memilliki peran yang besar atas keanekaragaman budaya di Indonesia.

Maka dari itu, mari kita mengenal 5 kerajaan tertua di Indonesia. Simak ulasannya berikut ini.

5 Kerajaan Tertua di Indonesia


1. Kerajaan Kediri

Nama lain dari Kerajaan Kediri adalah Kerajaan Panjalu. Kerajaan ini berdiri pada abad ke-12, di antara tahun 1042-1222. Berdirinya kerajaan ini karena adanya perintah dari Raja Airlangga.

Setelah itu, Kerajaan Kediri dipimpin oleh beberapa raja, seperti Raja Jayawara, Raja Jayabaya, Raja Sarweswara, Raja Aryaswara, Raja Ganara, Raja Kameswara, dan Raja Kertajaya.

Bukti adanya kerajaan ini adalah dengan ditemukannya Prasasti Sirah Keting, Prasasti Padlegan, Prasasti Hantang, Prasasti Jaring, dan Prasasti Kamulan.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Kerajaan Mataram Kuno

Pada abad ke-18 hingga 11 masehi, berdirilah Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah. Namun, kemudian kerajaan ini pindah ke Jawa Timur.

Saat itu, Kerajaan Mataram Kuno dipimpin oleh dua dinasti, yaitu Wangsa Sanjaya dan Wangsa Syailendra.

Keduanya memiliki daerah kekuasaan tersnediri. Wangsa Sanjaya di daerah Jawa Tengah bagian utara, sementara Wangsa Syailendra Jawa Tengah bagian selatan.

Adapun prasasti peninggalan kerajaan ini antara lain, Prasasti Canggal, Prasasti Kalasan, Prasasti Balitung, dan Prasasti Klurak.

3. Kerajaan Sriwijaya

Berdiri pada abad ke-7 hingga ke-15, Kerajaan Sriwijaya mampu menguasai jalur perdagangan di Laut Cina Selatan dan Selat Malaka.

Pada masa kepemimpinan Raja Balaputradewa, Kerajaan Sriwijaya mampu berkembang pesat dan memperluas daerah kekuasaan sebagai jalur perdagangan.

Bukti peninggalan kerajaan ini antara lain ditemukannya Prasasti Kedukan Bukit, Prasasti Talang Tuo, Prasasti Kota Kapur, Prasasti Siddhayatra, Prasasti Telaga Batu, dan Prasasti Karang Berahi.

4. Kerajaan Tarumanegara

 

Kerajaan selanjutnya adalah Kerajaan Tarumanegara yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat.

Sebuah bukti tertulis menunjukan jika kerajaan ini telah berkembang sejak 400 M - 600 M dan memiliki budaya Hindu India.

Dulunya Kerajaan Tarumanegara menguasai wilayah Jawa bagian Barat, antara lain Jakarta, Bogor, dan Cirebon.

Salah satu bukti peninggalan Kerajaan Tarumanegara adalah Prasasti Ciaruteun.

5. Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan tertua yang ada di Indonesia, karena diperkirakan sudah ada sejak abad ke-5 masehi. Lokasinya berada di tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Masa kejayaan kerajaan ini adalah saat kepemimpinan Raja Mulawarman. Saat itu kehidupan ekonomi kerajaan berkembang pesat dari sisi pertanian dan perdagangan.

Peninggalan kerajaan ini berupa tuju buah batu tulis atau yupa yang kira-kira dibuat pada 350-400 masehi. Tulisan yang ada ditulis menggunakan huruf Palawa dan bahasa Sanskerta.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini