Share

Sebanyak 42.244 Calon Mahasiswa Baru Ikut Ujian Tes Berbasis Komputer SM Unnes

Tim Okezone, Okezone · Kamis 14 Juli 2022 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 14 65 2629730 sebanyak-42-244-calon-mahasiswa-baru-ikut-ujian-tes-berbasis-komputer-sm-unnes-RHbjm4XnRy.jpg Ilustrasi/Dok Unnes

SEMARANG - Sebanyak 42.244 peserta mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (Unnes) 2022.

Rektor Unnes, Profesor Dr. Fathur Rokhman, M.Hum menyampaikan jumlah tersebut menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk mendapatkan kuliah di Unnes.

Dikutip dari laman Unnes, Profesor Fathur mengatakan, selain akreditasi Unnes Unggul (A), beberapa prodi telah terakreditasi Internasional.

“Unnes memiliki jurusan yang lengkap dan fasiltas penunjang yang memadai. UNNES menjadi salah satu perguruan tinggi nasional yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing global melalui kehadiran alumninya” jelas Profesor Fathur.

Dalam pelaksanaan tes berbasis komputer kali ini, Unnes memberikan kebijakan kepada para peserta untuk memilih melaksanakan tes berbasis komputer secara luring maupun dari rumah.

Pelaksanaan tes berbasis komputer secara luring dilaksanakan di kampus Unnes dimulai hari ini tanggal 13 hingga 18 Juli mendatang.

Sementara pelaksanaan tes berbasis komputer daring dari domisili masing-masing peserta berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 19 dan 20 Juli.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes, Profesor Dr Zaenuri Mastur SE MSi Akt menyampaikan Unnes menyediakan kuota 30% bagi calon mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri.

“Kuota penerimaan mahasiswa jalur SM masih sama seperti sebelumnya yaitu sebesar 30%. Alhamdulillah pendaftar Seleksi Mandiri Unnes tahun 2022 sebanyak 15.255 peserta. Tahun ini, Unnes memberikan pilihan kepada para peserta untuk memilih lokasi tes yaitu secara luring di kampus Unnes ataupun secara daring dari domisili masing-masing.” ungkapnya.

Lebih lanjut, Profesor Zaenuri juga menegaskan tidak ada perlakuan khusus terhadap para peserta yang melakukan tes secara luring maupun daring.

“Baik tes secara luring maupun daring dilakukan dengan pengawasan yang ketat oleh tim pengawas di masing-masing kelas dan sesi.” jelasnya.

Seleksi mandiri Unnes tahun 2022 dilakukan dalam 3 sesi setiap harinya. Tes Seleksi Mandiri Unnes 2022 ini terdiri dari dua materi, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris yang berjumlah 60 butir soal dengan waktu pengerjaan selama 60 menit.

Untuk mendukung pelaksanaan Seleksi Mandiri Unnes tahun 2022, Unnes telah menyediakan sebanyak 300 perangkat komputer per sesi di Gedung Unnes Digital Center.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini