Share

Akibat PPDB Sistem Zonasi, SDN Sriwedari Solo hanya Dapat Satu Murid Saja

Natalia Bulan, Okezone · Jum'at 08 Juli 2022 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 08 624 2625924 akibat-ppdb-sistem-zonasi-sdn-sriwedari-solo-hanya-dapat-satu-murid-saja-ZvcdBMkXc5.jpg SDN Sriwedari No. 197 Surakarta/Antara

SOLO - SDN Sriwedari No.197 Surakarta, Jawa Tengah hanya mempunyai satu murid baru hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara daring tahun 2021 akibat sistem zonasi.

Kepala SDN Sriwedari No. 197 Surakarta Bambang Suryo Riyadi di Solo mengatakan sejak diterapkan sistem zonasi memang dari tahun ke tahun jumlah siswa baru cenderung menurun.

Terlebih SDN Sriwedari No. 197 letaknya tidak berada di tengah perkampungan.

"Lingkungan di sini kan perhotelan, kantor, lapangan, jumlah penduduknya juga berkurang," katanya dikutip dari Antara pada Jumat (8/7/2022).

Selain itu, keberadaan sekolah dasar negeri (SDN) di Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Solo bukan hanya SDN Sriwedari No. 197 tetapi juga ada beberapa sekolah lain.

"Untuk penduduk yang tinggalnya di sebelah utara rel (Jalan Slamet Riyadi, red.) lebih pilih sekolah di sana, orang tua khawatir kalau anak-anak sekolah di sini kan harus menyeberang jalan besar," katanya.

Ia mengatakan dari tahun ke tahun sekolah yang berdiri pada tahun 1980 tersebut terus mengalami penurunan jumlah siswa.

Ia mengatakan jumlah lulusan tahun ini atau siswa kelas VI sebanyak 19 orang, sedangkan jumlah siswa kelas V ada 17 orang, kelas IV ada delapan orang, kelas III sebanyak tiga orang, dan kelas II ada empat orang.

"Dari kelas I naik ke kelas II seharusnya ada lima siswa namun yang tinggal kelas satu anak. Jadi nanti yang kelas I ada satu siswa baru dan satu siswa yang tinggal kelas," katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini