Share

Metode Pemisahan Komponen Garam dari Campuran Garam dan Pasir yang Meliputi 3 Tahap

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 07 Juli 2022 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 06 624 2624767 metode-pemisahan-komponen-garam-dari-campuran-garam-dan-pasir-yang-meliputi-3-tahap-cbE1R3miaF.jpg Metode pemisahan komponen garam dari campuran garam dan pasir yang meliputi 3 tahap

JAKARTA - Metode pemisahan komponen garam dari campuran garam dan pasir. Garam merupakan kumpulan senyawa kimia dengan komponen utama Natrium Klorida (NaCL) yang sama saja dengan garam dapur.

Umumnya, garam sebagai zat penyusun dapat dipisahkan dari campuran garam dan pasir. Pemisahan ini menggunakan metode pemisahan campuran.

Lantas, bagaimana metode pemisahan komponen garam dari campuran garam dan pasir? Untuk memahaminya lebih lanjut, simak penjelasan okezone berikut ini.

Metode Pemisahan Komponen Garam dari Campuran Garam dan Pasir


Dalam pemisahan komponen garam dari campuran garam dan pasir dapat dilakukan melalui 3 tahap, yakni pelarutan, filtrasi, dan rekristalisasi.

1. Pelarutan

Menurut Shargel, pelarutan adalah proses ketika suatu bahan kimia atau obat menjadi terlarut dalam suatu pelarut.

Dalam proses pemisahan komponen garam, proses pelarutan terlebih dahulu dilakukan untuk melarutkan campuran garam dan pasir di dalam air.

2. Filtrasi

Filtrasi atau penyaringan adalah metode pemisahan campuran untuk memisahkan zat padat dari cairannya dengan menggunakan alat berpori atau penyaring.

Perbedaan ukuran partikel antara pelarut dan zat terlarutnya dasar pemisahan metode ini.

Penyaring digunakan untuk menahan zat padat yang mempunyai ukuran partikel lebih besar dari pori saringan dan meneruskan pelarut.

Dalam pemisahan komponen garam, filtrasi dilakukan untuk memisahkan larutan garam dari butiran pasir. Sehingga hanya menyisakan larutan garam.

3. Rekristalisasi

Rekristalisasi merupakan teknik pemurnian suatu zat padat dari pengotornya dengan cara mengkristalkan kembali zat tersebut setelah dilarutkan dalam pelarut yang sesuai.

Prinsip dasar dari proses ini adalah perbedaan kelarutan antara zat yang akan dimurnikan dengan zat pengotornya.

Sehingga untuk mendapatkan komponen garam dari campuran garam dan air, untuk tahap terakhir ini larutan garam dipanaskan.

Setelah dipanaskan maka akan terbentuk garam murni.

Demikian metode pemisahan komponen garam dari campuran garam dan pasir yang harus diketahui.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini