Share

Disdik Sebut Sekolah yang Aksesnya Mudah Banyak Diburu Orangtua Siswa

Adi Haryanto, Koran SI · Selasa 05 Juli 2022 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 624 2624159 disdik-sebut-sekolah-yang-aksesnya-mudah-banyak-diburu-orangtua-siswa-tqtlUWv0d8.jpg Ilustrasi/Okezone

BANDUNG BARAT - Sebaran pendaftar siswa pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih terfokus pada sekolah masif.

Sekolah-sekolah yang banyak diburu oleh orangtua siswa karena akses lokasinya yang mudah dijangkau oleh kendaraan umum, berada di jalan utama, dan tidak jauh dari rumah.

"Sekolah favorit tidak ada, yang ada sekolah masif yaitu sekolah yang aksesnya mudah dijangkau," kata Kepada Bidang SD, Dinas Pendidikan, KBB, Dadang A Sapardan, Selasa (5/7/2022).

Dia mencontohkan, SMPN 1 Padalarang merupakan sekolah masif karena aksesnya mudah.

Begitu turun dari angkot langsung dekat dengan lokasi sekolah. Sementara kalau melihat dari kesediaan sarana, pra sarana, dan kualitas guru, SMPN 2 Padalarang lebih unggul.

"Kenapa SMPN 1 Padalarang banyak diburu karena aksesibilitasnya lebih mudah daripada ke SMPN 2 Padalarang. Walaupun dari sarana SMPN 2 lebih lengkap," sambungnya.

Dadang menyebutkan di KBB sekolah masif ada beberapa, antara lain SMPN 1 dan 3 Padalarang, SMPN 1, 2 dan 3 Ngamprah, SMPN 1 dan 3 Lembang, SMPN 1 Batujajar. Sementara untuk SD Masif itu SD Negeri 1 Pancasila, Lembang.

Selain menawarkan akses mudah dan kelengkapan sarananya, secara mutu juga baik. Walaupun sekolah lainnya juga sama baiknya seperti di negeri dan swasta, hanya persoalan lokasi kerap jadi pertimbangan utama para orangtua siswa.

Lebih lanjut dikatakannya, selama pelaksanaan PPDB untuk jenjang SD di wilayahnya masih belum ditemui ada kendala.

Kebanyakan para orangtua siswa sudah memahami cara mendaftar PPDB secara online. Bagi yang belum paham mereka bisa langsung datang ke sekolah.

Meski jumlah sekolah jenjang SD di KBB ada 678 baik negeri maupun swasta, namun untuk PPDB ini pihaknya tetap memberikan arahan kepada orang tua agar mendaftarkan anak-anaknya sesuai aturan yang berlaku.

"Kalaupun nanti tidak diterima di SMP negeri, carilah SMP swasta. Sebab SMP swasta di KBB dari sisi kualitas swasta tidak kalah dengan negeri," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini