Share

121 Tim dari 54 Perguruan Tinggi di Indonesia Ikuti Kontes Robot Indonesia 2022

Yudha Prawira, iNews · Senin 04 Juli 2022 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 65 2623128 121-tim-dari-54-perguruan-tinggi-di-indonesia-ikuti-kontes-robot-indonesia-2022-7BfJeYZlki.jpg Kompetisi Robot Indonesia (KRI) 2022 di ITS/Yudha Prawira

SURABAYA - Sebanyak 121 tim robot dari 54 perguruan tinggi di Indonesia mengikuti Kontes Robot Indonesia atau KRI 2022.

KRI 2022 digelar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Pemenang dari kompetisi ini nantinya akan diteruskan ke kompetisi tingkat internasional, Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU).

Kompetisi ini digelar secara luring dan bertempat di Graha ITS Surabaya. 54 perguruan tinggi di Indonesia akan beradu laga dalam KRI 2022 yang akhirnya digelar kembali setelah dua tahun dilaksanakan secara daring karena pandemi Covid-19.

Untuk menjadi yang terbaik dan terjung dalam ajang tingkat nasional yang bertujuan untuk memfasilitasi minat, ide, serta kreativitas mahasiswa di bidang Teknologi Robotika ini, para peserta melakukan persiapan jauh-jauh hari.

"Persiapan yang kami lakukan sih lebih ke menguji lagi robotnya sudah siap atau belum," ucap Kevin, Tim Robot dari ITB.

"Persiapan (sebelum kompetisi) sih kami sudah berbulan-bulan, desain awal itu sudah dari tahun lalu kami terus melakukan upgrade hingga jadi seperti sekarang ini," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Profesor Mochamad Ashari, Rektor ITS Surabaya pun memberikan tanggapannya terhadap kompetisi robot yang akhirnya bisa digelar secara luring kembali.

"(Para tim) akan memperebutkan final, juara satu, ada enam divisi. Yang akan menang nanti akan berlanjut ke tingkat internasional," jelasnya.

Tim yang bertanding di tingkat nasional ini adalah para juara yang mengalahkan 654 tim terdaftar pada tingkat wilayah.

Terdapat 24 tim kontes robot ABU Indonesia (KRAI), 24 tim Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), 22 tim Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda atau (KRSBI-B), 12 tim Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Humanoid (KRSBI-H), 24 tim Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan 15 tim Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Sementara itu, pemenang ajang ini akan diteruskan ke kompetisi tingkat Internasional, Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU) yang akan dilaksanakan di New Delhi pada 21 Agustus 2022 mendatang.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini