Share

Juara Tryout Online SBMPTN Okezone Berhasil Masuk Undip, Begini Kisah Yosafhat Manalu

Natalia Bulan, Okezone · Kamis 30 Juni 2022 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 30 624 2620769 juara-tryout-online-sbmptn-okezone-berhasil-masuk-undip-begini-kisah-yosafhat-manalu-qxda2VP5qp.jpg Yosafhat Manalu, juara tryout online SBMPTN Okezone berhasil masuk Undip/Istimewa

JAKARTA - Yosafhat Manalu menjadi salah satu anak yang beruntung dalam ajang SBMPTN 2022.

Berkat kerja kerasnya menempa ilmu, dia berhasil masuk Universitas Diponegoro (Undip) di SBMPTN 2022.

Dia pun mengungkapkan kisahnya bisa masuk Undip. Yosman, demikian dia disapa, kala itu sedang bersemangat mengasah kemampuannya menghadapi ujian.

Salah satu yang disasar adalah dengan mengikuti tryout online SBMPTN.

Kemudian, dia mendapatkan informasi tentang Tryout Online SBMPTN Okezone dan membuatnya tertarik untuk mengikutinya, terlebih ada hadiahnya.

Lulusan SMAS Unggul Del ini kemudian mempersiapkan dirinya untuk mengikuti tryout dengan membaca ulang catatan-catatan penting dan membaca ulang soal-soal SBMPTN berulang kali.

"Soalnya berkali-kali diulang enggak apa-apa, karena nilai tertinggi yang bakalan diambil," ungkapnya saat dihubungi Okezone, Senin (27/6/2022).

Tak disangka, dia kemudian menjadi juara 2 di Tryout Online SBMPTN Okezone. Dia mengaku baru pertama kali ini mendapatkan hadiah yang menurutnya cukup besar.

Yosman kemudian memberikan tips terkait menghadapi SBMPTN yang bisa membuatnya lulus masuk jurusan Administrasi Publik Undip pada seleksi perguruan tinggi kemarin.

"Yang pasti belajar keras, sering latihan soal, ikut latihan TO (tryout) UTBK di banyak platform, jangan pernah menyerah. Selalu ingat tujuan dan yang pasti berdoa dan beriman," ucapnya.

Ditambah, pendidikan Yosman pun sangat didukung penuh oleh kedua orangtuanya, hingga ia mampu mempersiapkan UTBK SBMPTN dengan baik.

Dia juga punya cara belajar sendiri yang menurutnya ampuh untuk menghadapi UTBK SBMPTN.

"Kalau mau belajar, mulai atau lanjutkan di mata pelajaran yang disenangi aja dulu, terus lanjut ke mata pelajaran yang kurang gitu," pungkasnya.

Menurutnya, jika menemukan soal yang susah atau teksnya panjang, lebih baik ikuti intruksinya karena jika bisa fokus pada soal tersebut, ternyata cukup mudah dan merupakan pertanyaan yang sederhana.

Jalan tidak semulus yang dibayangkan. Meski sudah melakukan beberapa persiapan untuk SBMPTN, Yosman mengaku sempat merasa kesulitan.

Dia sempat merasakan stres karena sebelumnya memiliki sebuah permasalahan.

Selain itu, menurutnya hal yang sulit dari SBMPTN adalah waktu pengerjaan soal yang singkat dan soal-soal yang memiliki pertanyaan panjang dan memaksanya harus cepat tanggap untuk memaknai soal dan opsi jawabannya.

"Untuk subtest yang sulit sih Bahasa Inggris karena benar-benar habis jawab satu soal langsung lanjut soal selanjutnya, nggak ada yang namanya review soal, karena waktunya mepet," jelasnya.

Setelah dinyatakan lulus SBMPTN masuk ke Administrasi Publik Undip, Yosman pun merasa lega dan berharap setelah lulus kuliah nanti ia bisa bekerja di bagian sektor publik atau pemerintahan.

"Yang pastinya nanti juga kerja di publik berarti melayani masyarakat banyak. Selain itu mau mengabdi dan juga membuat kebijakan atau juga masukan yang membangun masyarakat," tutupnya.

Seperti diketahui, Okezone berupaya mendampingi siswa SMA dalam mengasah kemampuan menembus PTN idaman melalui tryout online SBMPTN.

Kegiatan ini dilakukan gratis atau tanpa dipungut biaya. Kendati demikian, peserta yang berhasil mengerjakan soal dengan nilai tinggi akan mendapatkan hadiah yang juga tanpa dikenakan biaya apapun.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini