Share

UI Raih Dua Penghargaan Tertinggi Indikator Kinerja Utama

Natalia Bulan, Okezone · Selasa 28 Juni 2022 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 28 65 2619392 ui-raih-dua-penghargaan-tertinggi-indikator-kinerja-utama-6DPBfTseZl.jpg Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Profesor Dr. rer. nat. Abdul Haris bersama Profesor Ir. Nizam, Plt. Dirjen Diktiristek/Dok. UI

DEPOK - Universitas Indonesia (UI) meraih dua penghargaan dalam kategori Penghargaan Keunggulan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum tahun 2021/2022.

"UI terus berkomitmen untuk meningkatkan reputasi akademik dan riset secara global melalui peningkatan kapasitas dosen, infrastruktur, riset dan akademik, pembelajaran daring bertaraf internasional dan kualitas publikasi," ujar Rektor UI, Profesor Ari Kuncoro, dikutip dari Antara, Selasa (28/6/2022).

Dua penghargaan yang diraih UI adalah IKU PTNBH (IKU) 6 yang tahun lalu UI berada di ranking 8, kini menduduki ranking 1 dan Penghargaan IKU Tertinggi Top 10% Liga PTN BH.

Penghargaan ini diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

IKU sendiri adalah ukuran atau indikator kinerja suatu instansi, terutama dalam hal mencapai tujuan dan sasaran tertentu.

IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih konkret. Kebijakan tersebut juga menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Profesor Ari Kuncoro mengatakan melalui video, prestasi UI pada perankingan global, yaitu QS World University Ranking dan Times Higher Education World University Ranking adalah salah satu indikator keberhasilan dari kerja keras yang telah dilakukan.

"UI terus berkomitmen untuk meningkatkan reputasi akademik dan riset secara global melalui peningkatan kapasitas dosen, infrastruktur, riset dan akademik, pembelajaran daring bertaraf internasional dan kualitas publikasi," ujar Profesor Ari.

Lebih lanjut, Profesor Ari menjelaskan dengan program-program yang mendukung mobilitas internasional dosen, peneliti dan mahasiswa, penguatan kolaborasi internasional yang menghasilkan publikasi internasional, peningkatan reputasi akademik,dan internasionalisasi program studi.

Selain itu, program-program tersebut juga memperkuat implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), baik secara nasional maupun internasional.

"Dengan dukungan dari Kemdikbudristek dan LPDP, kami harap kegiatan tersebut dapat terwujud dengan hasil yang optimal sehingga UI mampu berkompetisi secara global. UI siap bersinergi dengan PTN BH lainnya untuk memajukan dunia pendidikan tinggi di Indonesia," kata Profesor Ari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini