Share

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Lulus SBMPTN? Simak Tips-tipsnya

Natalia Bulan, Okezone · Senin 27 Juni 2022 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 65 2619049 apa-yang-harus-dilakukan-jika-tidak-lulus-sbmptn-simak-tips-tipsnya-Vl5WU1cUXX.jpg Apa yang harus dilakukan saat gagal SBMPTN?/Pixabay

JAKARTA - Apa yang harus dilakukan saat mengalami kegagalan di SBMPTN 2022?

Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 sudah diumumkan pada Kamis (23/6/2022) yang lalu.

Ada yang merasa bahagia saat dinyatakan lulus SBMPTN dan mendapatkan kampus yang diimpikan.

Di sisi lain, para peserta yang tidak lulus pasti merasakan kekecewaan karena gagal mauk ke kampus impian melalui jalur SBMPTN ini.

Namun, penting bagi setiap peserta ujian untuk menerima segala hasil yang mereka dapat meskipun tidak sesuai harapan.

Untuk calon mahasiswa yang gagal di ujian SBMPTN, masih ada banyak jalan untuk masa depan yang cerah.

1. Evaluasi diri

Kegagalan sudah pasti akan memunculkan kekecewaan. Namun, penting bagi kita untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja diri kita sendiri.

Apakah usaha yang dilakukan sudah maksimal? Jika belum maka di kesempatan berikutnya kita harus berusaha lebih baik lagi dan melakukan yang terbaik.

2. Memulai persiapan untuk SBMPTN tahun depan

Jika tahun ini belum memperoleh hasil yang diinginkan dan gagal lolos pada SBMPTN tahun ini, maka kita bisa mencoba lagi di tahun depan. Tentu usaha yang dilakukan harus lebih keras, serius, dan maksimal.

3. Mencoba Seleksi Jalur Mandiri PTN

SBMPTN bukan satu-satunya jalur untuk diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) yang diinginkan.

PTN umumnya juga menggelar jalur seleksi mandiri yang bisa menjadi alternatif bagi calon mahasiswa jika gagal SBMPTN.

Beberapa di antara kampus-kampus tersebut bahkan menetapkan seleksi mandiri berdasarkan hasil ujian UTBK SBMPTN.

4. Pilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Melanjutkan pendidikan tidak harus dilakukan di PTN. Tidak ada salahnya mendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS). Tentu kampus PTS yang dipilih juga tidak boleh sembarang pilih, melainkan yang memiliki kualitas sama baik dengan PTN.

asi.

5. Menyalurkan Hobi

Calon mahasiswa yang memiliki waktu luang setelah gagal di SBMPTN dapat memanfaatkannya untuk mengerjakan hobi. Kamu bisa mengeksplor kemampuan dan minat. Hal ini juga tentunya akan menambah pengalaman kamu.

6. Mendekatkan diri dengan keluarga

 

Kegagalan lolos di SBMPTN bisa diambil hikmahnya dan juga bisa menjadi saat yang tepat untuk mendekatkan diri dengan keluarga. Dukungan dan restu dari orang tua bisa membantu kita menentukan langkah selanjutnya.

7. Kerja

Waktu luang juga bisa dimanfaatkan dengan mencoba bekerja. Dengan bekerja kita bisa membuka usaha atau berbisnis untuk mendapatkan pengalaman serta rel

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini