Share

Peran Koperasi Bagi Perekonomian Indonesia Ternyata Sangat Penting

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Sabtu 25 Juni 2022 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 624 2618010 peran-koperasi-bagi-perekonomian-indonesia-ternyata-sangat-penting-0R82x4PYBX.jpg Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Peran koperasi bagi perekonomian Indonesia kira-kira apa ya? Mungkin sebagian besar dari Anda sudah sangat familiar dengan koperasi.

Bahkan sejak masih duduk dibangku sekolah anda pasti sudah tahu tentang koperasi.

Ternyata keberadaan koperasi di Indonesia memiliki peran yang penting bagi perekonomian bangsa ini.

Di tengah semakin kuatnya ekonomi kapitalis, koperasi hadir untuk menyeimbangkannya.

Lantas, sebenarnya apa peran koperasi bagi perekonomian Indonesia? dan bagaimana pengertainnya? Simak informasinya berikut ini.

Peran Koperasi Bagi Perekonomian Indonesia

 

Pengertian Koperasi

R. Aria Wiriatmadja merupakan orang yang memperkenalkan koperasi pada tahun 1986 di Purwokerto, Jawa Tengah.

Koperasi sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu Coperation yang berarti kerja sama. Secara singkat, koperasi merupakan sebuah kerja sama.

Kerja sama yang dimaksud adalah kerja sama antar anggota dalam suatu lingkungan sosial ekonomi untuk mencapai tujuan bersama dan melalui aktivitas bersama.

Dalam Undang-Undang Nomor 17 tahun 2012 tentang perkoperasian, “koperasi adalah badan hukum yang didirikan oleh orang perseorangan atau badan hukum koperasi, dengan pemisahan kekayaan para anggotanya sebagai modal untuk menjalankan usaha, yang memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi.”

Peran Koperasi

Peran dan fungsi koperasi di Indonesia telah tertuang dalam Pasal 4 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Berikut adalah empat peran dan fungsi koperasi:

1. Membangun serta mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya serta masyarakat pada umumnya, guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial.

2. Berperan secara aktif dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.

3. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomomian nasional dengan koperasi sebagai sokoguru (tiang tengah).

4. Berusaha mewujudkan serta mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Jadi, kesimpulan dari peran koperasi bagi perekonomian Indonesia adalah koperasi membantu mensejahterakan masyarakat dengan mewujudkan pendapatan yang lebih adil dan merata.

Manfaat ini tidak hanya dirasakan anggotanya saja, namun juga masyarakat luas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini