Share

FEB UI Kirim Delegasi ke BAS AACSB Asia Pasifik untuk Tingkatkan Rekognisis Pendidikan Taraf Internasional

Tim Okezone, Okezone · Selasa 21 Juni 2022 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 65 2615191 feb-ui-kirim-delegasi-ke-bas-aacsb-asia-pasifik-untuk-tingkatkan-rekognisis-pendidikan-taraf-internasional-RrXeTyF2GM.jpeg FEB UI kirim delegasi ke BAS AACSV Asia Pasifik/Dok. UI

JAKARTA - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) mengirimkan delegasinya ke Business Accreditation Seminar (BAS) yang diselenggarakan Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB) di Singapore Management University (SMU) beberapa waktu yang lalu.

Dekan FEB UI, Teguh Dartanto, PhD., mendapatkan kehormatan untuk menjadi satu di antara pembicara yang diundang dalam konferensi ini.

Meskipun masih dalam proses akhir akreditasi, Teguh diminta berbagi pengalaman mengenai transformasi FEB UI dengan memanfaatkan benchmarking pada standar dan institusi terakreditasi AACSB.

“Transformasi organisasi menjadi langkah krusial bagi FEB UI beranjak dari sekolah bisnis terbaik di Indonesia menjadi bereputasi di ranah internasional. Proses akreditasi AACSB memungkinkan FEB UI melakukan benchmark pada 15 standar AACSB yang komprehensif dan jejaring internasional AACSB untuk mencapai visi dan misi FEB UI,” ujar Teguh dikutip dari laman resmi UI.

Benchmarking itu dilakukan di setiap proses akreditasi AACSB. Walaupun sudah menjadi anggota AACSB sejak 2007, eligibility FEB UI baru didapatkan di tahun 2015.

Selama tujuh tahun itu, FEB UI terus melakukan perbaikan berkesinambungan.

“Dari mulai saya sebagai ketua prodi, ketua departemen, wakil dekan, pejabat dekan, hingga saat ini menjadi dekan. Saya berharap tahun depan akan hadir di konferensi tahunan ini bukan sebagai pembicara, namun sebagai newly accredited school,” kata Teguh.

BAS membahas seluruh Standar 2022 AACSB.

Terdapat beberapa perubahan penting sebagai implikasi dari transformasi AACSB Standar 2013 menuju AACSB Standar 2020.

Meskipun pada proses Initial Accreditation, FEB UI masih menggunakan Standar tahun 2013, namun proses re-akreditasi Continuous Improvement Review (CIR) lima tahun ke depan akan menggunakan Standar 2020.

Beberapa penyesuaian juga sudah dilakukan dalam Initial Accreditation untuk memudahkan transisi dari Standar AACSB 2013 ke Standar 2020.

Selain itu, AACSB juga menyelenggarakan konferensi akreditasi tahunan untuk wilayah Asia Pasifik Annual Accreditation Conference: Asia Pacific (AACAP).

Pertemuan yang dilaksanakan pada 8-19 Juni 2022 ini menjadi spesial karena merupakan konferensi Asia Pasifik pertama yang diadakan secara luring setelah pandemi Covid-19.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 15 negara dan merupakan jumlah terbanyak sejak penyelenggaraan pasca pandemi.

AACSB merupakan sebuah asosiasi nirlaba global yang menghubungkan pendidik, mahasiswa, dan bisnis untuk mencapai tujuan bersama, yaitu menciptakan generasi pemimpin hebat berikutnya.

Identik dengan standar keunggulan tertinggi sejak 1916, AACSB memberikan jaminan kualitas, intelijen pendidikan bisnis, dan layanan pembelajaran dan pengembangan kepada lebih dari 1.850 organisasi anggota dan lebih dari 950 sekolah bisnis terakreditasi di seluruh dunia.

Proses akreditasi AACSB bersertifikat ISO 9001:2015.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini