Share

Mengenal Lebih Dekat Rica Asrosa, Dosen Muda Tetap USU yang Raih 2 Beasiswa LPDP

Tika Vidya Utami, Litbang Okezone · Kamis 16 Juni 2022 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 65 2612771 mengenal-lebih-dekat-rica-asrosa-dosen-muda-tetap-usu-yang-raih-2-beasiswa-lpdp-uQM79hU6Ft.jpg Rica Asrosa/Instagram/@ricaasrosa

JAKARTA - Rica Asrosa adalah dosen muda tetap Universitas Sumatera Utara (USU) yang juga merupakan alumni kampus tersebut.

Ketika kuliah, Rica adalah mahasiswi berprestasi, salah satu prestasinya adalah menciptakan alat pendeteksi diabetes melalui napas dengan sistem mobil eyang sudah diuji klinis.

Ia juga tergabung dalam TIM Micro Solar Matic (MSM) Departemen Fisika FMIPA USU, hasil penelitiannya itu pun sudah dipublikasikan di jurnal internasional.

Rica menyelesaikan pendidikan magisternya di University College London (UCL) jurusan Advanced Material Science dengan bekal beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Magisternya ia selesaikan dalam waktu dua tahun.

Gadis kelahiran Lhokseumawe, 30 Oktober 1996 ini harus berjuang jauh-jauh hari untuk meraih beasiswa dari LPDP.

Usai menyelesaikan S2, Rica ingin tinggal di London sambil mencari pekerjaan untuk persiapan S3, namun tidak diperbolehkan.

Setibanya di Indonesia, ia mencoba mencari pekerjaan dengan melamar ke beberapa universitas di Indonesia seperti ITB hingga UI.

Namun saat itu ada kesempatan penerimaan dosen tetap di USU, Rica pun mendaftar hingga akhirnya diterima.

Pada awal 2021, Rica resmi menjadi dosen tetap di USU. Meskipun sudah bekerja sebagai dosen tetap di USU, Rica tidak melupakan cita-citanya untuk melanjutkan S3.

Rica lalu memutuskan untuk daftar LPDP di 2021 dengan jurusan Advanced Material Science di UCL dan diterima sebagai awardee LPDP.

Rica pun menjalani S3-nya pada awal Januari 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini