Share

Jejak Pendidikan Hadi Tjahjanto, Mantan Panglima TNI Jadi Menteri ATR/BPN

Natalia Bulan, Okezone · Rabu 15 Juni 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 624 2612008 jejak-pendidikan-hadi-tjahjanto-mantan-panglima-tni-jadi-menteri-atr-bpn-RHENnLPMSs.jpg Jejak pendidikan Hadi Tjahjanto/YouTube

JAKARTA - Nama mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sedang ramai diperbincangkan karena resmi dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/BPN) RI hari ini.

Terpantau Hadi Tjahjanto sudah mendatangi Istana Kepresidenan pada Selasa sore (14/6/2022) untuk menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari situlah kabar adanya reshuffle Kabinet Indonesia Maju santer dikabarkan.

Hadi Tjahjanto sendiri pun memiliki jejak pendidikan yang cukup mumpuni.

Ia lahir dari keluarga TNI AU, ayahnya adalah sosok berpangkat Kopral dengan pangkat terakhir Sersan Mayor. Sementara sang ibu bekerja sebagai penjual rujak cingur.

Pria kelahiran 8 November 1963 ini mengawali pendidikannya dengan menempuh ilmu di SMP Negeri 3 Singosari, Malang, yang kini menjadi SMP Negeri 7 Malang.

Ia menyelesaikan pendidikan SMP-nya tahun 1979 dan melanjutkan ke Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan (SMPP) Malang, yang kini menjadi SMAN 1 Lawang angkatan 1982.

Setelah lulus SMPP, ia melanjutkan kuliahnya di S1 Ilmu Politik. Setelahnya ia menempuh Pendidikan Militer yang dimulai dari Akademi Angkatan Udara (AAU) pada tahun 1986.

Setelahnya kembali melanjutkan pendidikannya di Sekolah Penerbang TNI AU atau Sekbang yang merupakan pusat pendidikan calon penerbang muda yang dimiliki TNI AU pada tahun 1987.

Setelah lulus dari Sekbang, Hadi Tjahjanto melanjutkan ke Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau), Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI, dan juga Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Ia sempat dicalonkan oleh Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI menggantikan Jendral Gatot Nurmantyo pada tanggal 8 Desember 2017.

Masa jabatannya sebagai Panglima TNI pun berakhir pada November 2021 yang lalu dan kini sudah resmi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang RI.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini