Share

Jejak Pendidikan Zulkifli Hasan yang Dilantik Jadi Mendag Kabinet Indonesia Maju

Natalia Bulan, Okezone · Rabu 15 Juni 2022 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 624 2611969 jejak-pendidikan-zulkifli-hasan-yang-dilantik-jadi-mendag-kabinet-indonesia-maju-pqsqjwcyjp.jpg Jejak pendidikan Zulkifli Hasan/Okezone

JAKARTA - Nama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sedang ramai diperbincangkan karena akan masuk ke kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Reshuffle hari ini.

Kabar ini sudah mencuat saat pria yang akrab dipanggil Zulhas ini dipanggil Jokowi ke Istana saat isu perombakan kabinet muncul.

Zulhas dilantik menjadi Menteri Perdagangan di Kabinet Indonesia Maju dan sebelumnya menduduki posisi Wakil Ketua MPR dan mantan Ketua MPR.

Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan RI menggantikan Malem Sambat Kaban, sejak 22 Oktober 2009 hingga 1 Oktober 2014.

Zulhas sendiri memiliki jejak pendidikan yang cukup mumpuni sepanjang hidupnya.

Perjalanan mengenyam pendidikan dimulainya pada tahun 1969 di sebuah SD yang terletak di Desa Pisang, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan. Ia lulus SD pada tahun 1975.

Setelah itu pria kelahiran 31 Agustus 1962 ini dibawa ayahnya ke Kota Tanjung Karang, Ibu Kota Bandar Lampung untuk melanjutkan sekolah di jenjang SMP di Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) Tanjung Karang.

Ia mengenyam pendidikan agama setingkat SMP di PGAN selama 4 tahun, dan kemudian diam-diam meninggalkan kampung halamannya untuk merantau ke Jakarta dan bersekolah di SMA Negeri 53 Jakarta.

Lulus SMA pada tahun 1982, ia kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Jakarta dan membiayai kuliahnya secara mandiri.

Lulus S1 pada tahun 1996, ia kemudian bekerja di beberapa lembaga dan beberapa tahun kemudian dia melanjutkan pendidikannya di Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Jakarta dan lulus tahun 2003.

Pada masa jabatannya sebagai Menhut RI, ia telah dua kali menerima gelar Dokor Kehormatan (Honoris Causa), yang pertama untuk bidang Administrasi Publik dari Sejong University, Seoul, Korea Selatan.

Lalu yang kedua untuk bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dari Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Selama tahun 2004-2009, ia berkipraah di lembaga legislatif sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI).

Dan selama tahun 2005-2010, ia memegang jabatan internal partai sebagai Sekretaris Jenderal PAN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini