Share

Harapan Kemendibudristek untuk UGM, Konsisten Menjadi Panutan Jaga Kualitas Pendidikan Tinggi

Natalia Bulan, Okezone · Kamis 09 Juni 2022 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 65 2608336 harapan-kemendibudristek-untuk-ugm-konsisten-menjadi-panutan-jaga-kualitas-pendidikan-tinggi-XNZJ191mX6.jpg Universitas Gadjah Mada (UGM)/Antara

YOGYAKARTA - Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Profesor Nizam berharap Universitas Gadjah Mada (UGM) konsisten menjadi panutan perguruan tinggi di Indonesia dalam menjaga kualitas pendidikan tinggi.

"Kami mengharapkan banyak hal dari UGM. Sebagai perguruan tinggi tertua di Indonesia, UGM diharapkan bisa terus menjaga dari sisi kualitas dan menjadi panutan bagi perguruan tinggi lainnya," kata Nizam saat kunjungan Kerja di UGM, dikutip dari Antara, Kamis (9/6/2022).

Menurutnya, saat ini dunia mengalami transfomasi besar, termasuk dunia pendidikan tinggi yang akan berdampak pada serapan lulusan pada dunia kerja, usaha, dan industri.

Jumlah lulusan yang dihasilkan, kata dia, lebih banyak dibandingkan ketersediaan lapangan pekerjaan.

"Lapangan pekerjaan yang tersedia setiap tahunnya berkisar 300-400 ribu. Sementara lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya sekitar 1,2 juta," ucap dia.

Menurut Nizam, ada beragam faktor yang menyebabkan terbatasnya lapangan kerja, salah satunya karena disrupsi teknologi yang telah membuat banyak lapangan kerja hilang, tetapi juga membuka peluang lapangan kerja yang baru di masa depan.

Follow Berita Okezone di Google News

Kondisi tersebut, menurut dia, menjadi tantangan dalam transformasi pendidikan.

Ia mengatakan ke depan pendidikan tinggi diharapkan tidak hanya menghasilkan angkatan kerja yang bergantung pada lapangan kerja.

Namun, lulusan yang dihasilkan bisa lebih mandiri dan membuka lapangan-lapangan kerja baru.

"Ini fakta yang kita hadapi saat ini sehingga mari kita kawal bersama dalam program Kampus Merdeka. Kami harapkan UGM juga bisa ikut mengawal proses dan implementasinya agar transformasi berjalan sukses menghasilkan lulusan yang adaptif, kreatif, dan bermetamorfosa dengan cepat terhadap perubahan dunia," ucap Nizam.

Rektor UGM Profesor dr. Ova Emilia menyampaikan harapannya melalui forum diskusi ini dapat diurai dan dicari solusi bersama atas persoalan-persoalan yang dihadapi UGM saat ini dalam menjaga kualitas pendidikannya.

"Misalnya terkait kebijakan yang berkaitan dengan MBKM, SDM baik dosen maupun tenaga kependidikan non PNS, jenjang karier dosen, dan lainnya," ujar dia.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini