Share

SMAN 1 Bawang Batang Hadirkan Layanan Bikin Ijazah Satu Hari Langsung Jadi

Suryono Sukarno, iNews · Rabu 08 Juni 2022 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 624 2607736 sman-1-bawang-batang-hadirkan-layanan-bikin-ijazah-satu-hari-langsung-jadi-xhO9VT4YgE.jpg SMAN 1 Bawang Batang hadirkan pembuatan ijazah satu hari langsung jadi/Suryono S

BATANG - SMAN 1 Bawang Batang, Jawa Tengah membua terobosan pelayanan Ijazah One Day Service atau ijazah satu hari jadi mulai dari sidik jari, tanda tangan hingga penerimaan dokumen penting kelulusan tersebut.

Terobosan tersebut dilakukan karena banyaknya ijazah yang ditinggal lama hingga bertahun-tahu di sekolah oleh siswa yang sudah lulus.

Siswa yang sekolah di daerah pelosok atau pegunungan kadang kurang memperhatikan pentingnya ijazah, salah satunya SMAN 1 Bawang Batang ini.

Banyak siswa yang setelah lulus langsung mencari pekerjaan keluar kota dan belum memerlukan ijazah.

Ada puluhan ijazah siswa yang sudah lulus tidak diambil atau ditinggal bertahun-tahun di sekolah.

Agar pihak sekolah tidak terbebani menyimpan dokumen penting tersebut, akhirnya dibuat pelayanan ijazah satu hari jadi atau one day service.

Pelayanan ijazah tersebut mulai dari sidik jari, tanda tangan ijazah, hingga penerimaan dokumen penting kelulusan itu hanya dalam satu hari saja agar siswa bisa langsung menerima dokumen pentingnya dan tidak ditinggal di sekolah.

Sejumlah siswa diminta datang secara bergiliran agar pelayanan bisa cepat dan rapi.

Mereka pun senang karena ijazah bisa dibuat cepat dan bisa diterima langsung.

Kepala SMAN 1 Bawang Batang, Sugito mengatakan pelayanan ii sebagai terobosan agar siswa yang sudah lulus bisa dapat dokumen penting secepatnya dan bisa digunakan untuk melanjutkan sekolah atau bekerja.

Ijazah tahun ajaran 2021-2022, SMAN 1 Bawang Batang meluluskan sebanyak 242 siswa yang terdiri dari jurusan IPA dan IPS.

Sebanyak 30% siswa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri dan swasta, siswa yang tidak kuliah biasanya langsung bekerja di daerah atau luar kota.

"Kami sempat kerepotan karena ijazah yang sudah jadi tapi tidak diambil. Maka dari itu kami mengambil cara; anak datang, cap tiga jari, kami proses dan tandatangani, kami stempel, sekolah punya arsip terus ijazah asli kami berikan kepada anak," jelas Sugito.

"Harapannya agar anak tidak bolak-balik ke sekolah karena kesibukan mereka dan ini sebagai bagian dari kami melayani anak-anak kita," tambahnya.

Untuk ijazah yang lama dan bertahun-tahun disimpan di sekolah karena siswa sudah kerja di luar kota, pihak sekolah pun melakukan upaya mengantarkan ijazah ke rumah orangtua siswa dan melakukan serah terima di sana.

Pihak sekolah berharap agar pelayanan ijazah sehari jadi ini bisa memudahkan siswa untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Selain itu, ijazah juga bisa digunakan untuk bekerja sesuai keinginannya.

SMAN 1 Bawang Batang sudah berdiri sejak 1994 dan terletak di ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan air laut memiliki banyak siswa berprestasi di bidang akademik maupun non akademik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini