Share

Donasi Miliarder untuk Kampus-Kampus, Nilainya Triliunan Rupiah!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 04 Juni 2022 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 65 2604120 donasi-miliarder-untuk-kampus-kampus-nilainya-triliunan-rupiah-iiqunvBFOM.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Donasi miliarder untuk kampus-kampus tidak kaleng-kaleng. Nilainya ternyata sangat fantastis. 

Universitas atau kampus memiliki sumber dananya masing-masing. Misalnya universitas negeri yang didanai pemerintah atau universitas swasta yang mendapat sumber dana dari yayasan. Kendati demikian, terdapat beberapa miliarder yang tercatat pernah menyumbangkan hartanya untuk kampus-kampus.

Berikut daftar donasi para miliarder untuk kampus.

David Harding

Miliarder berusia 57 tahun, David Harding, bersama sang istri, Claudia, mendonasikan sebagian hartanya untuk Universitas Cambridge sebanyak 100 juta poundsterling atau kurang lebih sebesar Rp1,8 triliun. Sumbangan yang diberikan pada 2019 ini merupakan donasi terbesar yang diterima Universitas Cambridge dan terbesar yang pernah diberikan untuk lembaga pendidikan di Inggris.

Donasi berjumlah 79 juta poundsterling akan digunakan untuk membantu calon lulusan doktor di Universitas Cambridge, yang diketahui merupakan almamater Harding. Selain itu, donasi juga akan digunakan untuk membantu mahasiswa miskin dan etnis minoritas di universitas tersebut.

Michael Bloomberg

Penemu Bloomberg LP, Michael Bloomberg, beberapa kali telah menyumbangkan harta kekayaannya untuk mengatasi perubahan iklim dan kesehatan. Tercatat, donasinya selama ia hidup mencapai USD12,7 miliar atau sekitar Rp184 triliun.

Selain berderma di bidang iklim dan kesehatan, mantan Wali Kota New York City ini pernah menyumbangkan USD1,8 miliar atau sekitar Rp26 triliun kepada almamaternya, Johns Hopkins University. Ia juga menyisihkan hartanya untuk mendukung empat sekolah kedokteran kulit hitam setelah protes George Floyd pada tahun 2020. Total sumbangan terhadap empat sekolah tersebut adalah USD100 juta atau Rp1,4 triliun.

Jim dan Marilyn Simons

Sepasang suami istri miliarder, Jim dan Marilyn Simons, tercatat telah menyumbang USD3,3 miliar atau sekitar Rp48 triliun semasa hidup mereka. Sejalan dengan profesi mereka, donasi Simon fokus diberikan untuk pendidikan STEM (sains, teknologi, teknik dan matematika).

Simons memberikan USD150 juta atau 2,1 triliun rupiah kepada Stony Brook University di tahun 2011, tempat di mana keduanya mengajar. Yayasan Simons juga kerap mendukung penelitian ilmu kehidupan dan penelitian autisme, seperti yang dilakukan oleh New York Genome Center dan Autism Research Initiative.

Phil dan Penny Knight

Co-founder dari merek kondang Nike, Phil Knight, memang memfokuskan kegiatan filantropisnya terhadap bidang pendidikan. Diperkirakan, sepanjang hidupnya Knights telah berderma sebesar USD3,1 miliar atau sekitar Rp45 triliun.

Salah satu donasinya mengucur kepada University of Oregon, Universitas Oregon Health & Science, dan Stanford University tempat ia mendapatkan gelar MBA-nya. Tidak tanggung-tanggung, ia berdonasi lebih dari USD2,5 miliar atau sekitar Rp36,4 triliun rupiah. Knights juga pernah mengumumkan akan berderma sebesar USD500 juta untuk penelitian ilmiah di Universitas Oregon.

Diolah dari berbagai sumber:

Almas Taqiyya/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini