Share

Deretan Hari Besar Nasional dan Internasional di Bulan Juni

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 02 Juni 2022 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 624 2604235 deretan-hari-besar-nasional-dan-internasional-di-bulan-juni-Xx4XaIwHbT.jpg Ilustrasi/Freepik

JAKARTA - Setiap negara memiliki hari besar yang diperingati oleh rakyatnya.

Hari besar ini terdiri dari hari besar keagamaan, bersejarah, dan peringatan yang disepakati secara nasional atau internasional.

Berikut ini adalah hari besar nasional dan internasional di bulan Juni yang dirangkum dari berbagai sumber:

1 Juni

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila oleh bangsa Indonesia.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus hari libur nasional.

Penetapan ini bertujuan agar pemerintah, masyarakat, dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Selain itu, tanggal 1 Juni juga diperingati sebagai Hari Anak Internasional. Konsentrasi isu perayaan Hari Anak Internasional ini berbeda dengan Hari Anak Sedunia yang diperingati setiap 20 November.

Namun, keduanya masih memiliki tujuan yang sama, yakni melindungi anak-anak dari berbagai keadaan baik ataupun buruk.

Hari Anak Internasional bermula dari Kongres Federasi Demokrasi Internasional Wanita di Moskow, pada 4 November 1949.

Kemudian, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai The International Day for Protection of Children (Hari Internasional untuk Perlindungan Anak-anak) atau Hari Anak Internasional.

3 Juni

Tanggal 3 Juni diperingati sebagai Hari Pasar Modal Indonesia.

Peringatan Hari Pasar Modal Indonesia bermula pada 3 Juni 1952, ketika pada saat itu Bursa Efek Indonesia kembali dibuka setelah beberapa kali tutup akibat Perang Dunia I dan II.

Sejak saat itu, setiap tanggal 3 Juni diperingati sebagai Hari Pasar Modal Indonesia.

5 Juni

Tanggal 5 Juni adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia berawal dari Konferensi Stockholm pada tahun 1972.

Konferensi in membahas isu lingkungan pertama kali di dunia. Melansir dari laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia, peringatan HLH tahun ini mengambil tema “Only One Earth” (Sustainably in Harmony with Nature).

KLHK telah memutuskan untuk menggunakan tema Indonesia yaitu “Satu Bumi untuk Masa Depan.”

8 Juni

Tanggal 8 Juni merupakan Hari Laut Sedunia.

Hari Laut Sedunia pertama kali diperingati pada konferensi PBB Environment and Development tahun 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Kemudian pada tahun 2008, PBB resmi menetapkan tanggal 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia.

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Internasional dalam menjaga ekosistem laut untuk generasi yang akan datang.

21 Juni

 

Tanggal 21 Juni diperingati sebagai Hari Krida Pertanian.

Hari besar ini diperingati oleh seluruh pelaku industri pertanian di Indonesia, baik petani, peternak, pegawai, maupun pengusaha yang bergerak di bidang pertanian.

Peringatan Hari Krida Pertanian merupakan bentuk rasa syukur, mawas diri, dan berbangga hati, serta hari Dharma Bakti. Mengutip dari website Universitas Airlangga, peringatan Hari Krida Pertanian ini didasarkan pada segi astronomis ketika matahari yang memberikan nutrisi bagi tumbuhan, hewan, dan manusia, berada pada garis balik utara.

Setiap 21 Juni masyarakat dunia juga memperingati Hari Musik Sedunia.

Hal ini dilakukan untuk menghormati para penyanyi dan musisi yang telah memberikan musik pada dunia.

24 Juni

Tanggal 24 Juni diperingati masyarakat Indonesia sebagai Hari Bidan Nasional.

Hari besar ini diperingati sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa para bidan yang selalu siaga selama 24 Jam.

Selain itu, di tanggal yang sama merupakan saat berdirinya Ikatan Bidan Indonesia (IBI), yaitu pada 24 Juni 1951.

26 Juni

Tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkoba Sedunia.

Peringatan hari ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama global dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

29 Juni

Tanggal 29 Juni adalah Hari Keluarga Berencana (KB).

Peringatan Hari Keluarga Berencana bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera.

Melalui program KB, pemerintah mengharapkan masyarakat lebih memahami tentang keluarga ideal, yakni membatasi jumlah kelahiran dan penggunaan alat-alat kontrasepsi sebagai acuan terbentuknya keluarga berencana.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini