Share

Peran Pasar Bagi Pembeli Konsumen,Mampu Serap Tenaga Kerja

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 31 Mei 2022 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 624 2602998 peran-pasar-bagi-pembeli-konsumen-mampu-serap-tenaga-kerja-7ziPDXZrB5.jpg Ilustrator (Foto: Pixabay)

JAKARTA - Berbagai peran pasar bagi pembeli/konsumen yang perlu dipahami. Pasar sebagai jembatan dalam kegiatan ekonomi memegang peran penting yang juga membantu menggerakkan ekonomi masyarakat Indonesia.Kegiatan pasar adalah sebuah perantara dalam penyampaian barang dan jasa kepada konsumen. Pasar juga merupakan tempat untuk segala aktivitas ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu pasar memiliki peranan dalam ekonomi yang begitu besar. Selain sebagai muara dari produk masyarakat, pasar juga berfungsi sebagai tempat bekerja yang sangat berarti bagi masyarakat sekitar. Maka tak heran, jika pasar juga dikenal sebagai pusat kegiatan ekonomi.

Adapun, di dalam pasar para penjual dan pembeli mengadakan komunikasi dan interaksi yang bertujuan untuk mengadakan transaksi pertukaran benda dan jasa ekonomi dan uang berdasarkan sistem harga yang disepakati bersama.

Selain itu, peran pasar bagi pembeli/konsumen ini di suatu wilayah sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan sumber dana guna membangun sarana dan prasarana pasar. Adapun, pasar memiliki peranan yang begitu penting baik bagi produsen, distributor maupun konsumen.

Di pasar kerap ditemui transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Dalam kegiatan ekonomi, penjual bertindak sebagai produsen atau distributor, sedangkan pembeli bertindak sebagai konsumen.Serta, pasar berfungsi sebagai promosi, pasalnya pasar dapat memudahkan produsen untuk mempromosikan atau mengenalkan barang atau jasa yang akan dijualnya kepada konsumen.

Pasar memiliki peran sangat penting bagi pembeli/konsumen. Sebab, dengan adanya pasar dapat memudahkan para pembeli untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan. Semakin banyak jenis barang yang tersedia di pasar maka akan semakin banyak konsumen yang datang, lantaran konsumen akan semakin mudah mencari barang-barang yang dibutuhkan. 

Tak hanya banyak jenis barang yang mempengaruhi konsumen, melainkan juga luasan area pasar mampu mempengaruhi. Pasalnya, dengan semakin luas area pasar dapat dimungkinkan pasar tersebut memiliki kelengkapan kebutuhan yang dibutuhkan konsumen. Dengan begitu juga banyaknya konsumen yang berkunjung membuat pasar dapat berkembang dan mampu menyerap tenaga kerja.

Demikianlah peranan pasar bagi pembeli/konsumen dalam kegiatan ekonomi yang perlu diketahui oleh para pelaku ekonomi. (RIN)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini