Share

Ahli ITB Ungkap Penyebab Banjir Rob Jawa Tengah: Muka Tanah Turun Tercepat di Dunia

Arif Budianto, Koran SI · Senin 30 Mei 2022 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 30 65 2602407 ahli-itb-ungkap-penyebab-banjir-rob-jawa-tengah-muka-tanah-turun-tercepat-di-dunia-4tjcrfYsWT.jpg Banjir rob di Tanjung Mas Semarang/Polda Jateng

BANDUNG - Lembaga Riset Kebencanaan IA-ITB bekerja sama dengan Laboratorium Geodesi ITB mengungkap penyebab banjir rob yang terjadi pada 23 Mei 2022 yang lalu di wilayah Pantura, Jawa Tengah.

Menurut mereka, banjir rob disebabkan penurunan muka tanah yang sangat cepat.

Kepala Laboratorium Geodesi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB Heri Andreas mengungkapkan bahwa banjir rob di Pantura pbeberapa waktu yang lalu erat kaitannya dengan penurunan tanah atau land subsidence.

Banjir rob juga diperparah oleh terjadinya gelombang tinggi dan jebolnya tanggul di beberapa tempat.

"Laju atau kecepatan penurunan tanah di Semarang, Pekalongan dan Demak saat ini ada yang mencapai 10 hingga 20 sentimeter per tahun. Ini merupakan laju tercepat yang tercatat di dunia," kata dia dalam keterangan resminya.

Sayangnya, kata dia, penurunan tanah ini terlihat masih diabaikan dalam analisis pengurangan risiko banjir rob di Pantura. Dari catatan Pemerintah seperti melalui BMKG, BRIN, BNPB hingga catatan Walhi Jateng tidak ada satu pun yang menyinggung penurunan tanah sebagai faktor terpenting yang harus diperhatikan.

"Padahal jika penurunan tanah terus terjadi dengan laju yang mengkhawatirkan, maka banjir rob bukan tidak mungkin akan semakin parah kedepannya, " jelas dia

(bul)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini