Share

Peran Masyarakat Luar Negeri dalam Perekonomian Indonesia, Saling Membutuhkan

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Jum'at 27 Mei 2022 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 624 2601174 peran-masyarakat-luar-negeri-dalam-perekonomian-indonesia-saling-membutuhkan-gxgie2GuW8.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Memahami peran masyarakat luar negeri dalam perekonomian Indonesia sangat penting. Saat ini, Indonesia merupakan negara yang menganut sistem ekonomi kerakyatan, dimana sistem ini menuntut dari semua pihak baik masyarakat maupun pemerintah.

Dalam menjalani ekonomi kerakyatan, diketahui bahwa terdapat empat pelaku utama yang berperan penting. Salah satu pelakunya adalah masyarakat luar negeri.

Masyarakat luar negeri mengambil peran penting dalam perekonomian suatu negara untuk membantu mencukupi kebutuhannya.BACA JUGA:Enam Pelabuhan Topang Perekonomian Kerajaan Pajajaran

Terutama dalam hal memproduksi barang. Dengan pengaruh masyarakat luar negeri, membuat perekonomian di Indonesia juga sangat dipengaruhi oleh dunia internasional. Sehingga kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat luar negeri adalah kegiatan ekonomi internasional.

Kegiatan tersebut umumnya meliputi segala kegiatan mengenai hubungan ekonomi antarnegara, baik mengenai perdagangan internasional maupun lalu lintas pembayaran internasional, serta kerja sama ekonomi regional dan internasional.

Adapun, peran masyarakat luar negeri dalam perekonomian Indonesia  bisa dilihat dari menyediakan kebutuhan barang impor. Artinya masyarakat luar negeri berperan sebagai produsen dalam kegiatan impor negara Indonesia. Keduanya saling bergantungan

Atau bisa dilihat dari membeli produk barang ekspor suatu negara. Dalam hal ini masyarakat luar negeri berperan sebagai konsumen dalam kegiatan ekspor yang dilakukan negara Indonesia. Juga menyediakan kredit untuk pemerintah dan swasta dalam negeri.

Selain itu masuk ke dalam pasar uang dalam negeri sebagai penyalur uang atau devisa dari luar negeri, peminta kredit, dan uang kartal rupiah untuk kebutuhan cabang-cabang perusahaan di Indonesia.Selain itu, sebagai penghubung pasar uang dalam negeri dengan pasar uang luar negeri.

Demikianlah informasi peran masyarakat luar negeri dalam perekonomian Indonesia.  (RIN)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini