Share

Pola Hubungan Antara Rumah Tangga Konsumen dan Rumah Tangga Produsen, Ini Bedanya!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Jum'at 27 Mei 2022 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 624 2601072 pola-hubungan-antara-rumah-tangga-konsumen-dan-rumah-tangga-produsen-ini-bedanya-e3SUiU4DWC.jpg Ilustrasi (Foto:Shutterstock)

JAKARTA - Memahami pola hubungan antara rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen itu berbeda. Saat ini perekonomian Indonesia menganut sistem ekonomi kerakyatan dimana menuntut peran dari semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah guna mencapai tujuan utama yaitu ekonomi kerakyatan.

Dikutip dari buku pembelajaraan SMA, kegiatan-kegiatan ekonomi dilakukan dan dijalankan oleh empat pelaku utama. Diantaranya, rumah tangga konsumen, rumah tangga pemerintah dan masyarakat luar negeri.

Keempat pelaku ekonomi tersebut memiliki peran yang saling berhubungan satu sama lain. Saat ini, pola hubungan antara rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen memiliki perbedaan masing-masing.

Perlu diketahui, rumah tangga konsumen (RTK) merupakan pelaku ekonomi baik individu maupun kelompok yang bertujuan untuk memakai atau menggunakan sehingga nilai barang dan jasa tersebut berangsur-angsur berkurang. Artinya, rumah tangga konsumen sebagai konsumen.

Sedangkan, rumah tangga produsen (RTP) termasuk pelaku kegiatan ekonomi atau suatu bentuk usaha yang kegiatannya menjalankan setiap jenis usaha dengan sifat tetap dan terus-menerus dan di dirikan, bekerja, serta bertempat dalam wilayah negara Indonesia. Serta memiliki  tujuan memperoleh keuntungan dan laba. Sehingga rumah tangga produsen dapat diartikan sebagai produsen suatu barang maupun jasa.

Dalam bidang perekonomian, rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen memiliki hubungan. Seperti contoh, produsen membayar balas jasa berupa gaji atau upah kepada rumah tangga konsumen lantaran telah menggunakan faktor produksi tenaga kerja yang dimiliki rumah tangga konsumen.

Selain itu, rumah tangga konsumen menawarkan faktor produksi tenaga kerja yang dimilikinya kepada rumah tangga produsen.  Sedangkan, rumah tangga produsen menjual barang yang diproduksinya kepada rumah tangga konsumenRumah tangga konsumen membeli barang dari rumah tangga produsen.

Demikian pola hubungan antara rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen dalam perekonomian yang perlu diketahui. (RIN)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini